Kategori

Perlu Diketahui Bahwa Hutang Perlu Segera Untuk Dilunasi. Inilah Sebabnya Penting Segera Membayar Utang

By On Juli 27, 2016

Medianda – Sahabat Media Mungkin diantara kita ada yang tersangkut dengan masalah hutang, ntah itu hutang untuk kebutuhan atau bahkan hanya untuk menuruti keinginan semata yang bertujuan untuk mengikuti perkembangan zaman. Sehingga bila seseorang yang memutuskan untuk berhutang hanya untuk keinginan saja alangkah lebih baik untuk menahan keinginan tersebut, tidak usah gengsi pada sekitar.



Saat ini orang yang tidak berutang mungkin sudah langka, sebab segalanya dapat dibeli dengan berutang alias kredit. Bahkan ke warung sembako pun banyak yang memilih berutang sekalipun pegang uang tunai.

Utang memang bukanlah suatu hal yang diharamkan sebagaimana mencuri, namun baik buruknya seseorang dapat dilihat juga dari caranya memperlakukan utang-utangnya.

Ada orang yang baru bayar utang saat sudah ditagih tiga kali. Ada orang yang tepat waktu dalam membayar utang. Ada orang yang sangat memikirkan utang-utangnya serta merasa bersalah sebab belum bisa melunasi utangnya tersebut, namun ada juga orang yang sama sekali tidak merasa punya salah sekalipun utangnya menumpuk dan punya tagihan di mana-mana. Hal-hal berkaitan dengan utang-piutang ini sangat dapat memperlihatkan kualitas diri seseorang.

Ingatlah bahwa utang ke mana pun dalam jumlah berapapun tidak bisa kita anggap ringan. Bahkan Rasulullah shalallaahu alaihi wassalam telah menyebutkan kriteria manusia yang terbaik salah satunya ialah yang paling baik dalam membayar utang-utangnya, “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam membayar utang.” (Muttafaqun ‘alaih)

Apa maksud perkataan yang paling baik dalam membayar utang? Ada 3 hal berikut ini menunjukkan kebaikan seseorang dalam membayar utang:

1. Tepat waktu sesuai perjanjian

Hati-hati dalam bicara, bila kita baru dapat bayar utang tanggal 15, jangan katakan bisa kita bayar tanggal 10! Seseorang yang terbaik dalam membayar utangnya ialah ia yang mampu menepati janji pembayarn utangnya.

2. Jika memang tidak bisa membayar tepat waktu, mengabarkan dan tidak menghindar tanpa kabar apapun

Meskipun tidak bisa bayar tepat waktu, seseorang yang paling baik dalam membayar utangnya akan memberikan kabar dan bukan malah menghindar saat ditagih. Bukankah banyak orang yang seperti ini? Alih-alih minta maaf, malahan tidak bisa dihubungi sebab tidak mampu bayar utang tepat waktu.

3. Mengutamakan pembayaran utang daripada gaya hidup

Ada orang yang utang cicilan rumah, namun masih mementingkan gaya hidup dengan menambah utang cicilan mobil, cicilan furniture, cicilan baju, cicilan kartu kredit, jadilah hidupnya penuh utang dikarenankan ketidakmampuannya menahan diri dari gaya hidup kelas atas. Orang terbaik dalam pembayaran utangnya tentu saja mereka yang bisa mengutamakan pelunasan utang daripada memenuhi hasrat gaya hidup yang tinggi.

Misalkan, daripada membeli makanan mahal di restoran, lebih baik ia makan sederhana saja di rumah, uang untuk makan di restoran disisihkan untuk membayar utang.

Sahabat demikianlah penjelasan artikel kali ini tentang mengapa orang berhutang perlu untuk segera membayar hutang-hutangnya. Hutang juga merupakan kewajiban seseorang yang berhutang untuk melunasinya. Dan ingatlah bahwa seseorang bisa tergadai sebab utangnya, coba untuk kita ingat-ingat lagi utang apakah yang masih kita miliki saat ini? Sudahkah kita beri'tikad baik untuk melunasinya? Semoga Allah Swt mudahkan orang-orang yang berniat membayar utang agar dapat melunasi utangnya, Allah Maha Mengetahui segala isi hati.



Sumber:Ummi-online.com


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==