Kategori

Mengejutkan..Benarkah Upil Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh?Inilah Jawabannya

By On Juni 19, 2016

Medianda – Sahabat medianda hampir semua orang pernah dan pasti melakukan kebiasaan yang satu, mungkin sebagian orang ada yang jaim dengan bilang bahwa kebiasaan ini sangatlah jorok, namun janganlah terkejut ternyata kebiasaan yang satu ini “Ngupil” juga sangat bermanfaat bagi kita terutama kesehatan kita jika kita melakukan hal yang satu ini. Disamping ngupil dapat membersihkan kotoran yang ada dihidung kita ternyata ngupil juga bermanfaat bagi kekebalan tubuh kita. Apakah benar demikian? Kita Akan membahas kebenaran apakah memakan upil dapat menjadikan kekebalan tubuh kita. Memang upil merupakan kotoran yang ada dalam hidung kita, dan pasti kita semua pernah punya upil dan kadang memang kita merasa annoying dengan keberadaan upil kita. Upil memiliki rasa asin jika dijilat. Kenapa upil rasaya asin? Seandainya manis, maka bisa untuk membuat segelas kopi diperlukan 3 sendok upil.


Aktivitas ngupil seringkali dianggap tindakan menjijikkan. Lebih menjijikkan lagi jika ada orang mengambil kotoran hidungnya, lalu dimasukkan ke mulut untuk dimakan.Memang hal yang seperti itu sangat menjijikkan, tapi tahukah Anda kelebihan upil?

Seorang profesor biokomia Universitas Saskatchewan bernama Scott Napper mengatakan bahwa makan kotoran hidung disinyalir bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama pada anak-anak.Bersama dengan muridnya, Scott meneliti tentang efek menyehatkan dari makan upil. Scott meminta muridnya memakan upilnya sendiri. Ia mengemukakan hipotesis bahwa dengan mengonsumsi patogen yang ditangkap lendir hidung dapat menjadi cara untuk mengajarkan sistem kekebalan tubuh.

Contoh kasar dari percobaan ini ialah respon imun dalam melawan kuman meningkat bila mereka banyak memakan kotoran hidung mereka sendiri. Sistem kekebalan non spesifik berfungsi untuk melawan segala patogen yang menyerang tubuh, dengan memasukkan patogen ke dalam tubuh maka sistem imunitas akan beradaptasi serta semakin kuat terhadap serangan patogen seperti virus, bakteri, cendawan, dan parasit.

Dari sisi pandangan evolusioner, saat ini manusia tidak memungkinkan untuk selalu hidup dalam kondisi lingkungan yang steril. Bagaimanapun nantinya tetap akan bersentuhan dengan lingkungan yang kotor. Tubuh sebenarnya mempunyai pertahanan alami yang membuat seseorang bisa bertahan di lingkungan manapun tanpa sakit.

Seperti dilansir dari CBSNews, Scott mengatakan bahwa alam menjadi pendorong kita untuk melakukan berbagai hal, termasuk saat dalam hal memilih makanan yang akan kita konsumsi.
“Alam mendorong kita untuk melakukan banyak hal, termasuk dalam pemilihan makanan yang ingin dimakan. Namun kini teori evolusioner yang mendorong masyarakat untuk meningkatkan kebersihan menimbulkan peningkatan pada penyakit imunitas dan alergi,” ujarnya.

Itulah penjelasannya menurut seorang profesor biokomia Universitas Saskatchewan bernama Scott Napper tentang penelitiannya mengenai upil, bagaimana menurut kalian? Masihkan kalian menyepelekan hal ini? Mulai sekarang jangan dengan mudah menyepelekan hal-hal yang ada disekitar kita meskipun itu sangat menjijikan bagi sebagian orang. Semoga bermanfaat.



Sumber:Pelangimuslim.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==