Kategori

Ternyata Inilah Kalimat Pendatang Keselamatan

By On Desember 14, 2016

Medianda – Sahabat medianda Semua orang tentu ingin mendapatkan keselamatan selama mereka hidup di dunia dan akhirat kelak. Banyak orang yang meyakini bahwa ia akan selamat dari siksa neraka hanya dengan perbuatan amalan kebaikan saja.



Namun, lebih dari itu ternyata ada berbagai cara yang harus dilakukan oleh seorang muslim jika ingin mendapatkan keselamatan. Salah satunya ialah dengan mengucapkan sebuah kalimat thayyiban yang mempunyai keistimewaan. Kalimat ini tidak hanya menjadi kalimat penyelamat bagi manusia. Namun juga menjadi pembeda antara kaum muslim dan lainnya. Lantas kalimat penyelamat apakah yang dimaksud? Berikut penjelasan selengkapnya.

Ternyata kalimat yang datang mendatangkan keselamatan bagi umat manusia adalah kalimat “La La ila hailallaah wa Anna Muhammad darasulullah (Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad Utusan Allah)”. Mengapa kalimat ini bisa istimewa?

Jawabnnya ialah dikarenakan dengan mengucapkan kalimat ini menunjukkan seseorang memiliki keimanan dalam hatinya. Sebab ia percaya bahwa hanya Allah-lah satu-satunya yang wajib disembah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah.

Hal ini sesuai dengan firman Allah yang terdapat dalam Qur’an Surah al-Anfal ayat 12. Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya orang- orang yang beriman itu apabila disebut nama Allah gemetarlah hatinya, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayatnya, bertambahlah iman mereka dan kepada tuhanlah mereka bertawakal.”(Q.S. Al-Anfal:12)

Pada dasarnya, kalimat La ila hailallaah wa Anna Muhammad darasulullah termasuk ke dalam kategori kalimat Thayyiban (kalimat yang Baik). Meskipun ada banyak kalimat Thayyiban lainnya akan tetapi, kalimat tersebut menjadi syarat sah-nya seseorang yang hendak memeluk agama Islam. Oleh sebab itulah kalimat ini dikatakan sebagai penyelamat bagi mereka yang mengikrarkannya.

Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang menerima dariku satu kalimat yang pernah aku sampaikan kepada pamanku (Abu Thalib, saat menjelang wafatnya ), sedangkan ia menolaknya maka kalimat itu (Akan menjadi sebab) keselamatan baginya.” (HR. Ahmad)

Selain di hadist di atas, di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim juga dicantumkan akan keistimewaan kalimat thayyibah tersebut.

“Dari ibnu Syimasah al Mahri, ia menceritakan: kami menjenguk Amr bin Ash r.a ketika ia dalam sakratul maut, dan ia menangis lama sekali sambil memalingkan wajahnya kearah dinding. Lalu puteranya menghiburnya dengan berkata, ‘Bukankah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam telah memberimu kabar gembira? Kemudian ia menghadap kami dan berkata, ‘sesungguhnya perkara yang paling utam yang kita siapkan (untuk diri kita sendiri) adalah bersaksi bahwasanya Laa ilaaha illallah wa anna Muhammadar Rasulullah (tiada yang berhak disembah selain Allah dan sesunggunya muhammada adalah utusan Allah). Sesungguhnya Aku telah melalui tiga zaman (Semasa hidup beliau). Dan sesungguhnya aku mengetahui bahwa tidak ada orang yang paling benci terhadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam dan tidak ada yang lebih aku inginkan selain bertemu beliau sehingga aku dapat membunuhnya. Sandainya aku mati dalam keadaan demikian niscaya aku termasuk dalam golongan ahli neraka. Kitika Allah memasukkan Isalam kedalam hatiku , aku segera mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam dan berkata, ‘Ulurkan tangan kananmu supaya saya dapat berbai’at kepadamu. Maka beliau mengulurkan tagan kanannya. Amr bin Ash melanjutkan, tetapi ketika itu aku menarik balik tangan ku.’ Beliau kembali bertanya, ‘Ada apa denganmu , wahai Amr?’ Aku berkata, ‘Aku ingin mengajukan persyaratan. ’Beliau bertanya, persyaratan apa yang kamu inginkan?’ Aku menjawab, ‘(Syaratnya yaitu) supaya dosa-dosa ku diampuni.’ Beliau bersabda, ‘Tidakkah engkau tahu bahwa Islam menghapus dosa dosa yang terjadi sebelumnya, dan hijrah juga menghapus dosa dosa yang terjadi sebelumnya. Maka setelah itu tidak ada yang aku cintai selain Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam. Oleh karena itu saya tidak sanggup mengangkat muka untuk menatapnya karena kecintaanku kepada beliau, dan jika aku diminta untuk menggambarkan bentuk rupanya, aku tidak dapat melakukannya karena aku tidak pernah menatapnya. Sekiranya aku mati dalam keadaan demikian, aku berharap akan termasuk dalam golongan ahli surga. Kemudian kami kembali melakukaan urusan masing masing, sedang aku tidak mengetahui bagaimana keadaanku saat itu. Oleh karena itu apabila aku mati, janganlah jenazahku diiringi oleh wanita-wanita peratap dan pembawa api. Apabila kalian selesai menguburkan jenazahku, maka taburkanlah tanah diatas kuburanku, kemudian berdirilah beberapa saat desekeliling kuburanku selama masa disembelihnya seekor unta dan dibagikan daginggnya, sehingga aku merasa terhibur oleh kalian, sementara itu aku memikirkan jawaban apa yang mesti aku berikan kepada utusan-utusan Rabbku (malikat-malaikat yang bertanya didalam kubur) .”

Kalimat ini begitu istimewa terlebih lagi bagi kita yang mengikrarkan dan meyakininya. Tidak hanya akan selamat di dunia, namun kita juga terjadin keselamatan sata di akhirat kelak. Kalimat “Laa ilaaha illallah wa anna Muhammad darasulullah” mempunyai makna yang sangat luas.

Bahkan bisa dikatakan bahwa terciptanya semesta dan segala isinya ini dikarenakan adanya kalimat ini. Kalimat ini tidak hanya mendatangkan keselamatan bagi kaum beriman saja, akan tetapi juga orang berdosa yang mengucapkan dan meyakininya serta bertaubat atas segala perbuatannya maka keselamatan yang sama juga akan ia peroleh.

Hal ini ejalan dengan apa yang dimaktubkan  oleh utusan Allah Subhanahu Wata’ala. Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Abu Dzar bersabda Rasul Tidaklah seorang hamba Allah  yang mengucapkan Laa Ilaaha Illallah waanna Muhammadar Rasulullah kemudian ia mati dengan kalimat itu melainkan ia pasti masuk surga.” Saya bertanya, “Walaupun ia berzinah dan mencuri?” Beliu menjawab, walaupun ia berzinah dan mencuri.” Saya bertanya lagi, “Walaupun ia berzinah dan mencuri?” Beliau menegaskan, “Walaupun ia berzinah dan mencuri, meskipun Abu Dzar tidak menghendaki (Tetap hal itu akan terjadi).” (H.R. Bukhari)

Adapun maksud, “Meskipun Abu Dzar tidak menghendaki” yakni Abu Dzar merasa heran, bagaimana bisa orang yang berbuat dosa besar (dalam hal ini berzinah dan mencuri) mendapatkan  jaminan surga? Bahkan menurut tuntuan keadilan selayaknya dia mendapat siksa atas dosa-dosanya. Demi mentiadakan keheranan Abu Dzar  maka Nabi Shallallahu ‘alaihi Wassallam menegaskan “Walaupun Abu Dzar tidak setuju, orang semacam itu tetap akan dijamin masuk surga.”


Sahabat medianda demikianlah informasi mengenai kalimat pendatang keselamatan. Ternyata kalimat tersebut berbunyi Laa ilaaha illalaah wa anna Muhammadar Rasulullah. Sebagai kaum muslimin kita harus meyakini bahwa hanya Allah yang wajib disembah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan-Nya. Ketika mempercayai hal ini maka barulah datang keselamatan bagi kita. Semoga bermanfaat.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==