Kategori

Pahami Risiko Caesar, Jangan Sampai Ada Kematian Seperti Anggun

By On Maret 22, 2017

Medianda – Sahabat medianda kabar duka tersiar dari Belitung Timur. Seorang ibu muda, Anggun Pradini, meninggal dunia pasca melahirkan secara caesar di RSUD Belitung Timur. Anggun diketahui menjalani operasi pada Jumat (17/3) dan mengalami pendarahan sehingga dilakukan operasi tambahan pada Sabtu (18/3).



Operasi terakhir membuat rahim Anggun diangkat namun tidak menyelamatkan nyawanya. Ia mengembuskan napas terakhir di RSUD Belitung Timur pada Sabtu pekan lalu. Atas kejadian ini, pihak keluarga akan menempuh jalur hukum sebab diketahui dokter yang merawat malah pulang ketika Anggun mengalami pendarahan di operasi pertama.

Dari segi medis, melahirkan secara caesar mempunyai risiko buat ibu dan bayi. Sahabat medianda adapun risiko yang dihasilkan seperti dilansir dari americanpregnancy.org antara lain adalah:


– Risiko untuk ibu

1. Infeksi

Infeksi bisa terjadi di area sayatan, di rahim, dan organ di area panggul lainnya.

2. Pendarahan

Akan terjadi lebih banyak pendarahan pada operasi caesar dibanding melahirkan melalui va*g1*na. Ini dapat menyebabkan anemia dan mengharuskan terjadinya transfusi darah.

3. Adhesi

Jaringan parut dapat terbentuk di dalam daerah pinggul, dapat menyebabkan penyumbatan dan rasa sakit. Adhesi juga bisa menyebabkan komplikasi pada kehamilan berikutnya.

4. Lebih lama dirawat

Perempuan yang baru saja melahirkan secara caesar harus dirawat sekitar 3 sampai 5 hari. Dengan catatan tidak ada komplikasi apa pun. Jika ada maka perawatan harus diperpanjang lebih lama.

5. Reaksi medis

Akan ada risiko negatif akibat reaksi anestesi selama operasi caesar atau pun obat pasca melahirkan.

6. Operasi tambahan

7. Reaksi emosional

Beberapa studi menyebut bahwa ada perempuan yang merasa tidak nyaman dengan cara dia melahirkan seorang bayi ke dunia. Ini membuatnya terhambat memiliki ikatan dengan sang bayi.

8. Kematian

– Reaksi pada bayi


1. Kelahiran prematur

2. Masalah pernapasan

Beberapa studi menyebut bahwa bayi yang baru dilahirkan secara caesar mempunyai masalah pernapasan dibanding dengan bayi yang lahir secara normal.

3. Luka sayat

Ini adalah kejadian yang amat sangat jarang terjadi di mana bayi akan tersayat ketika operasi berlangsung. Namun kejadian ini hanya ada 1 dari 100 kelahiran.

Sahabat medianda semoga paa perempuan semua dapat melahirkan secara normal dan diberikan kelancaran dalam proses persalinan. Semoga bermanfaat.



Sumber:Postshare

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==