Kategori

Amalan Doa Diajarkan Rosullah SAW agar Terhindar Utang

By On September 07, 2021


 

Peerihal hutang ialah perkara yang sulit dihindari banyak orang. Banyak yang berhutang guna memenuhi kebutuhannya. Padahal, dalam islam dianjurkan sebaiknya terhindar dari perkara hutang.

Berikut tiga doa yang dianjurkan Rosullah SAW, agar terhindar dari hutang.


1.  Doa meminta perlindungan dari kesusahan dalam hutang

Adapun doa meminta perlindungan dari kesusahan dalam hutang, di antaranya:

“Allahumma innii a’udzubika minal hammi wal-hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal-kasali, wa a’udzubika minal jubni wal-bukhli, wa a’udzubika min gholabatid-daini wa qohrir-rijaali”

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan, dari lemah kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari banyak hutang dan kezaliman manusia,"


2.  Doa agar terbebas dari hutang yang diajarkan Rasulullah SAW


“Allahumma robbas samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhim, robbana wa robba kulli syaiin, faaliqol habbi wan nawaa wa munzilat tauroti wal injil wal furqon. A'udzu bika min syarri kulli syaiin anta akhidzum binashiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syaiun wa antal akhiru falaysa ba'daka syaiun, wa antazh zhohiru fa laysa fauqoka syaiun, wa antal baathinu falaysa dunaka syaiun, iqdli 'annad daina wa aghnina minal faqri.”

Artinya:


"Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai 'Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkaulah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran."


3     Doa agar diberikan kemudahan dalam kesulitan

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah,"


Itulah doa yang dianjurkan agar terhindar dari hutang berdasarkan tuntutan Rosullah SAW. [Muhammad Zuhdi Hidayat]

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==