Kategori

Kaum Adam Wajib Baca !!! Inilah 4 Amalan Yang Dianjurkan Pada Hari Jumat

By On Februari 24, 2016


Sepercik Hikmah - Banyak orang yang mengatakan jika hari jumat itu merupakan hari yang pendek, hal ini dikarenakan pada hari jumat anak sekolah akan pulang lebih awal. Dan untuk orang kantoran, biasanya akan lebih awal untuk beritirahat guna mempersipakan diri untuk mengerjakan sholat jumat. 



Terutama untuk kaum muslim laki-laki yang memang diwajibkan untuk mengerjakan sholat jumat, sebagai pengganti dari sholat dzuhur. Diantara anda-anda sekalian mungkin sudah banyak yang mengetahui keistimewaan dari hari jumat, meskipun ada beberapa orang juga yg mungkin belum mengetahui akan hal tersebut.

Dan seperti yang sudah dijelaskan dalam Hadist Riwayat Muslim yang mengatakan jika hari terbaik pada saat matahari terbit ialah hari jumat. Dan pada hari itu pula Adam telah diciptakan, serta pada hari itu pulalah Adam dimasukan ke surga serta dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat sendiri tidak akan terjadi terkecuali pada saat hari jumat. Dari hadist yang baru dijelaskan itu saja sudah dapat terlihat betapa istimewanya hari jumat, maka dari itu, tidak ada salahnya apabila anda melakukan lebih banyak lagi amalan di hari jumat. Agar anda bisa mendapatkan pahala yang lebih ketika anda mengerjakan amalan tersebut.

Untuk beberapa amalan yang sebaiknya anda kerjakan pada saat hari jumat diantaranya ialah.

1. Membersihkan Diri
Sangat dianjrukan kepada kita untuk selalu mejaga kebersihan diri kita pada saat hari jumat, dan pada saat hari jumat juga terdapat beberapa amalan lebih yang bisa kita dapatkan apabila kita membersihkan diri. Dan beberapa amalan yang berhubungan dengan keberishan yang dapat anda lakukan pada saat hari jumat ialah, memotong kuku dan rambut, mencukur kumis, membersihkan badan secara keseluruhan atau total. Dan hal ini juga telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW dari Abu hurairah R.A yang mengatakan, barang siapa yg mengerjakan mandi pada saat hari jumat, maka orang tersebut sama dengan mandi janabah. HR. Muslim dan Bukhari.



2. Membaca Surat Al Khafi
Amalan selanjutnya yang dianjurkan kepada umat muslim pada saat hari jumat ialah membaca surat Al Khafi, hal tersebut didasarkan oleh beberapa hadist yaitu dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi Muhammad SAW yang bersabda, “Barang siapa yang membaca surat Al Khafi sebagaimana telah diturunkan, maka orang tersebut akan mendapatkan cahaya dari tempat dia berdiri hingga mekkah. Dan barang siapa yang membacanya sebanyak 10 akhir ayatnya, lalu keluar dajjal, maka dia tidak akan dikuasainya.”


3. Memperbanyak Doa
Salah satu waktu mustajab untuk berdoa atau memohon kepada sang pencipat ialah pada saat hari jumat. Jadi untuk anda yang sekiranya sedang memiliki sebuah hajat, dan anda ingin hajatnya terpenuhi. Maka tidak ada salahnya apabila anda memanjatkan lebih banyak doa mengenai hajat anda pada saat hari jumat.


4. Memperbanyak Membaca Shalawat Nabi
Membaca shalawat Nabi merupakan salah satu amalan yang dapat kita kerjakan kapanpun serta dimanapun sebenarnya, namaun pada saat hari jumat, ada beberapa hal istimewa yang dianjurkan kepada kita untuk lebih memperbanyak membaca shalawat. Dan salah satu ke istimewaannya yang akan didapatkan ketika membaca shalawat pada saat hari jumat ialah akan lebih diperdekatkan kepada Allah SWT pada saat hari kiamat.


Semoga saja dari apa yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat memberikan manfaat yang besar kepada anda-anda sekalian. Dan apabila diantara anda-anda ini masih ada yang ingin mengetahui beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan agama islam, baik itu mengenai bacaan-bacaan doa ataupun hukum-hukum islam. Maka kami mencoba memberikan saran kepada anda untuk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah kami berikan sebelumnya, siapa tahu saja anda akan dapat menemukan pembahasan yang pas dengan yagn memang sedang anda cari.





Sumber : www.doamustajab.com



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==