Kategori

Doa agar Selalu Tabah dan Ikhlas Mengahadapi Masalah dan Musibah

By On April 21, 2020


Pandemi virus corona (COVID-19) menjadi ujian bagi Indonesia. Sebagai warga bergama Islam, tentu harus menghadapinya dengan tabah dan ikhlas.

"Tabah dan ikhlas merupakan satu-satunya menghadapi setiap musibah dan juga ujian di dalam hidup," ujar Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin.


Menurut Fauzan, memperbanyak doa kepada Allah agar ditabahkan dan diikhlaskan ketika menghadapi ujian adalah hal paling utama. Sebab hanya Allah yang dapat memudahkan urusan atau masalah, dan mengobati kegelisahan setiap manusia. "Ada banyak doa agar hati ditabahkan dan diikhlaskan," terangnya.

Berikut ini adalah dua doa agar hati selalu tabah dan ikhlas ketika menghadapi ujian wabah corona.

اَللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ

Allahumma inni a’udzubika an usryrika bika wa ana a’lam wa astaghfiruka lima la a’lam

Artinya: "Ya Allah, aku memohon perlindungan kepadaMu dari perbuatan menyekutukanMu sementara aku mengetahuinya, dan akupun memohon ampun terhadap perbuatan syirik yang tidak aku ketahui." (HR.Ahmad).

اللهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَما بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya: "Ya Allah, angkat dari kami penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana, dan segala cobaan yang buruk, baik yang nyata maupun yang tersembunyi, dari negeri kami ini khususnya, dan dari semua negeri kaum Muslimin, dengan Rahmat-Mu, Duhai Yang Maha Penyayang."

Lebih lanjut, selain memperbanyak doa, melaksanakan amalan dan ibadah sunah lainnya juga dapat membantu membuat hati lebih tenang di tengah wabah corona.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==