Kategori

Jokowi Disarankan Suruh Stafsusnya Pilih Mundur dari Istana atau Lepas Perusahaan

By On April 20, 2020


Presiden Joko Widodo didorong memberi opsi bagi para staf khusus milenial, yakni mundur dari jabatan stafus atau mundur dari jabatan di perusahaan mereka. Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi UGM Zaenur Rohman mengatakan, hal itu dapat menjadi solusi untuk mencegah terjadinya konflik kepentingan para stafsus tersebut. "Untuk mencegah kerusakan yang lebih besar maka Presiden Jokowi harus memberikan penawaran kepada para stafsusnya untuk memilih salah satu di antara dua jabatan yang sedang diemban oleh para stafsus tersebut," kata Zaenur kepada Kompas.com, Senin (20/4/2020).

Zaenur menuturkan, opsi itu mesti diberikan karena rangkap jabatan yang diemban para stafsus tersebut rawan terjadi konflik kepentingan dan dapat berujung pada tindak pidana korupsi. Menurut Zaenur, konflik kepentingan itu sudah terlihat ketika perusahaan milik Belva Decara, Ruangguru, menjadi mitra program prakerja. Sedangkan, Andi Taufan terbukti mengirim surat kepada camat se-Indonesia untuk kepentingan perusahaan miliknya, Amartha. Oleh karena itu, ia berpendapat Belva dan Andi Taufan sebaiknya berinisiatif mengundurkan diri tanpa diberikan opsi oleh Jokowi.

"Ini harus segera diselesaikan tanpa berlarut-larut di saat bangsa ini sedang berjuang melawan pandemi corona. Jadi cara penyelesaiannya adalah Belva dan Taufan mengundurkan diri, yang lainnya diberi pilihan," kata Zaenur. Seperti diketahui, empat dari tujuh stafsus milenial Jokowi tercatat memiliki jabatan di perusahaan pribadi mereka. Mereka adalah pendiri PT Amartha Mikro Fintek Andi Taufan Garuda Putra; CEO sekaligus co-founder Ruangguru.com Adamas Belva Syah Devara; pendiri Creativepreneur Event Creator dan Chief Business Officer Kreavi Putri Indahsari Tanjung; dan pendiri Thisable Enterprise Angkie Yudistia. Sementara, tiga stafsus milenial lainnya tercatat bergerak di bidang sosial yaitu Ayu Kartika Dewi, Gracia Billy Yosaphat Membrasar, dan Aminuddin Ma'ruf. (kompas)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==