Kategori

Viral! Video PHK Massal Ribuan Pekerja, Ternyata Ini Sebabnya

By On April 30, 2020






Laman media sosial diramaikan dengan video viral pemutusan hubungan kerja (PHK) massal pegawai pabrik sepatu PT Shyang You Fung. Pabrik ini berlokasi di kawasan Industri Jatake, Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten. Sempat muncul spekulasi, PHK massal itu terkait dengan pandemi corona yang saat ini sedang terjadi di Indonesia.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri sudah mengonfirmasi soal video tersebut. Dia mengatakan pihak perusahaan sudah memberi laporan kepada asosiasi mengenai PHK tersebut.

Namun, ia menggarisbawahi bahwa langkah PHK yang dilakukan bukan disebabkan faktor krisis akibat pandemi corona, tapi murni karena strategi perusahaan, yang sudah direncanakan sejak lama.



"Jadi memang sebenarnya ini sudah dalam rencana perusahaan. Dalam rangka untuk pengembangan daya saing industri, kemudian mereka relokasi (Pabrik). Mereka mulai develop di Brebes (Jawa Tengah)," kata Firman kepada CNBC Indonesia, Kamis (30/4).



https://www.instagram.com/tv/B_jzk8SnMK7/?utm_source=ig_web_button_share_sheet



Ia menerangkan rencana perusahaan untuk pindah sudah ada sejak tahun lalu. Namun, baru dieksekusi pada pertengahan tahun ini. Alasan pemindahan sendiri untuk mengembangkan perusahaan dalam kapasitas produksi. Sehingga, produk yang dihasilkan diproyeksikan lebih banyak. Begitu pun dengan tenaga kerja.

"Yang saya dengar di Banten menyerap sekitar 2.500 pekerja. Di Brebes jauh lebih besar proyeksinya," ungkap Firman.

Mengenai karyawan yang di-PHK, ia juga mendapat laporan bahwa penyelesaian hak pegawai tetap akan diselesaikan. Faktor ini menjadi hal penting bagi karyawan yang terkena PHK, yakni hak pesangon.








sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20200430104322-4-155457/viral-video-phk-massal-ribuan-pekerja-ternyata-ini-sebabnya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==