Kategori

Rugi, Jangan Terima Lamaran Lelaki Seperti ini

By On Juni 05, 2020





Muslimah, jangan sampai salah pilih calon suami. Sebab suami adalah pemimpin keluarga yang akan membimbing dan memimpin keluargamu. Hindari lelaki seperti ini...

Sudah menjadi fitrahnya, bahwa manusia memiliki rasa ketertarikan dengan lawan jenis sebagai sebuah fitrah. Dari ketertarikan itu muncullah keinginan untuk hidup bersama dalam sebuah rumah tangga.

Namun untuk memasuki bahtera rumah tangga tersebut keduanya harus melewati pernikahan.

Pernikahan adalah suatu masa yang sangat sakral dan harus dijalani dengan kemantaban hati. Tidak boleh asal dan sekedar karena ingin punya pasangan hidup.


Mari kita simak firman Allah dalam Al Qur’an:

“Di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah Allah menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, serta Allah jadikan rasa kasih dan sayang di antaramu. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir,” ( QS.Ar-Rum: 21).

Meski jodoh atau pasangan hidup itu sudah ditentukan oleh Allah, namun kita sebagai manusia juga harus mengupayakan untuk menjemput jodohnya.

Mempunyai pasangan hidup yang ideal sesuai dengan kriteria yang kita tetapkan atau impikan tentu bukan perkara mudah, sebab setiap orang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing. Tidak ada seorangpun manusia yang sempurna di dunia ini.

Secara khusus ada ketentuan pokok yang harus dipenuhi jika ingin memilih pasangan hidup yakni ia yang beragama Islam.

Hal ini sesuai dengan perintahnya:

“Jangan kamu nikahi perempuan musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya, hamba sahaya perempuan beriman lebih baik daripada perempuan musyrik yang me-narik hatimu. Jangan pula kamu nikahkan laki-laki musyrik dengan perempuan yang beriman sebelum mereka beriman. Sesungguhnya, hamba sahaya laki-laki beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik yang menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajakmu ke surga dan memberi ampunan dengan izin-Nya. Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran,“ (QS.Al Baqarah: 221).

Tetapi tak hanya itu ya syaratnya, bagi muslimah perlu menambahkan syarat lainnya. Dan perlu hati-hati atau tegas menolaknya, jika ada laki-laki yang melamarmu dan tahu bahwa laki-laki itu memiliki sifat buruk ini:


1. Berani Meninggalkan Shalat 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perjanjian kami dengan mereka adalah shalat. Orang yang meninggalkannya, berarti dia telah kafir,” (HR. At-Tirmidzi).

Sekedar tahu bahwa ia beragama Islam dari KTP nya tentu saja tak cukup. Kita juga harus tahu bagaimana dengan ibadahnya seperti shalatnya, puasanya dan lainnya.

Laki-laki yang berani meninggalkan shalat, berarti telah berani mengkhianati Allah dan Rasul-Nya, apalagi jika mendapatkan perintah dari manusia. Maka pasti bisa dengan mudah melalaikannya.

Padahal ketika menikah, suami memiliki amanah dan tanggung jawab pada keluarganya. Jika shalat saja berani untuk ditinggalkan bagaimana dengan tugasnya sebagai kepala keluarga?

2. Sering Melakukan Perbuatan Dosa 

Dalam Islam ada beberapa perbuatan yang tergolong dosa besar diantaranya ialah, mabuk, berzina, membunuh orang , berjudi dan sebagainya.

Jika kita tahu dari sumber yang dapat dipercaya bahwa calon suami tersebut masih sering melakukan dosa besar maka jangan dipilih menjadi pendamping hidup. Misalnya dia tukang berzina dan pembabuk.

“Pezina laki-laki tidak boleh menikah, kecuali dengan pezina perempuan atau dengan perempuan musyrik. Pezina perempuan tidak boleh menikah, kecuali dengan pezina laki-laki atau dengan laki-laki musyrik. Hal itu diharamkan bagi orang-orang mukmin,” (QS.An-Nur: 3).

Hidup bersama suami yang biasa melakukan dosa besar sama dengan hidup di dalam kemurkaan Allah. Jangan sampai dalam pernikahan, bukannya mendapatkan berkah tapi justru mendapat murka Allah.


3. Dayyuts

Dayyuts adalah lelaki yang tidak memiliki rasa cemburu kepada istri sama sekali. Sehingga ia membiarkan anak-istrinya terjerumus dalam maksiat.

Terhadap lelaki yang dayyuts ini, Rasulullah SAW bersabda:

“Tiga golongan yang Allah tidak akan melihat mereka di hari kiamat,orang yang durhaka kepada ibu bapaknya, perempuan yang menyerupai lelaki dan laki-laki dayyuts,” (HR. Ahmad An-Nasai).

4. Sombong dan Senang Membanggakan Diri

Laki-laki yang bersifat sombong seperti ini tidak mengenal perasaan cinta. Dia hanya mencintai diri sendiri dan membanggakan dirinya sendiri secara berlebihan.

Jika dia menikah, dia tidak menikah karena cinta, tapi karena nafsunya menginginkan wanita itu. Dan mungkin saja hanya menjadikan istri sebagai kepemilikan dan untuk dipamerkan semata.

Sikapnya tersebut juga ditunjukkan dengan merendahkan istrinya saat istrinya salah. Memilih calon suami yang hanya karena kaya dan mapan, maka bisa jadi dia mengukur segalanya dengan materi semata.

5. Durhaka kepada Orang Tua 

Berbakti kepada orang tua adalah perintah Allah. Jika ada pria yang tak hormat dengan orang tuanya, sebenarnya bisa disebut ia menderita sakit dan harus segera disembuhkan.

Jika dia tidak berbakti kepada orangtua, tidak menuruti perintah mereka, padahal mereka adalah orang yang merawat dan membimbingnya sejak kecil.

Apakah kamu percaya dia akan memperlakukanmu dengan baik, jika orang tuanya tak diperlakukan dengan baik?

6. Kikir

Orang yang kikir tidak dapat membahagiakan dirinya ataupun orang lain kecuali setelah dia mati.

Karena ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita bersifat kikir, beliau bersabda,

“…Dan hindarilah sifat kikir, karena kekikiran telah menghancurkan orang-orang sebelum kamu, membuat mereka saling bunuh dan melanggar kehormatan orang lain,” (HR. Muslim).

Untuk itu wahai muslimah, hendaklah berhati-hati dalam menjatuhkan pilihan kepada calon suami. Jangan sampai salah pilih, karena setelah pernikahan, suami adalah pemimpinmu.

Maukah kamu dipimpin orang yang tidak baik? Tentu tidak inginkan. Untuk itu, hendaklah pilih dengan cermat dan senantiasa melibatkan Allah dengan doa dan munajat agar diberi pasangan yang saleh.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==