Kategori

Tak Perlu ke Dokter, Ini 5 Obat Gusi Bengkak Alami Secara Rumahan

By On Juni 14, 2020

Tak Perlu ke Dokter, Ini 5 Obat Gusi Bengkak Alami Secara Rumahan

Ada banyak hal yang bisa kita temukan di rumah untuk jadi obat gusi bengkak alami, tanpa perlu memeriksakan diri ke dokter.
Kondisi gusi bengkak bisa terjadi karena radang gusi, infeksi, malnutrisi, kehamilan, sensitif pada pasta gigi atau obat jumur, sisa makanan yang terjebak antara gigi dan gusi, dan efek samping obat-obata.

Dirangkum dari Healthline, ada lima hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gusi bengkak, seperti berikut ini:
1. Berkumur air garam
Berkumur menggunakan air garam jadi salah satu obat gusi bengkak alami. Air garam bisa meredakan radang pada gusi dan memulihkannya menurut sebuah studi tahun 2016
Anda bisa mencampurkan satu sendok teh garam pada segelas air hangat, lalu berkumur menggunakan campuran air tersebut selama 30 detik. Buang airnya, jangan telan, dan lakukan hal ini 2-3 kali sehari hingga bengkaknya hilang.
2. Kompres dingin dan hangat
Obat gusi bengkak alami lainnya adalah menggunakan kompres dingin dan hangat, bisa menghilangkan nyeri dan bengkak pada gusi yang bengkak.
Ilustrasi berkumur untuk obat gusi bengkak alami. (Shutterstock)

Kompres menggunakan kain bersih yang direndam air hangat atau kain berisi es tepat di bagian luar area gusi yang mengalami bengkak selama 5 menit. Ulangi proses ini 2-3 kali, dan lakukan 2-3 kali sehari pada dua hari pertama saat gusi mulai bengkak.
3. Kunyit
Kunyit mengandung curcumin yang memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Menurut sebuah studi tahun 2015, pasta atau gel kunyit bisa mencegah plak dan gingivitis penyebab gusi bengkak.
Gunakan pasta atau gel kunyit ini pada gigi setelah menyikat gigi. Aplikasikan pada gusi yang bengkak lalu biarkan selama 10 menit. Bilas mulut Anda dengan air dan jangan telan airnya, lakukan dua kali sehari hingga bengkaknya hilang.
4. Minyak esensial
Menurut sebuah artikel di European Journal of Dentistry, minyak esensial peppermint, tea tree, dan thyme efektif sebagai onbat gusi bengkak dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit di mulut.
5. Lidah buaya
Kandungan lidah buaya bisa menjadi obat gusi bengkak alami. Dalam artikel tahun 2016 di Journal of Clinical and Experimental Dentistry, menggunakan obat kumur yang mengandung ekstrak lidah buaya bisa menyembuhkan dan mencegah gingivitis penyebab gusi bengkak.
Berkumurlah menggunakan obat kumur lidah buaya, lalu keluarkan, jangan telan. Lakukan hal ini dua kali sehari selama 10 hari. Demikian 5 obat gusi bengkak alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

sumber : suara.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==