Kategori

Viral Wanita Tunarungu Dibantu Satpam Saat Tarik Uang ke Bank, Security yang Bantu Dapat Reward

By On Juni 08, 2020



Kisah seorang penyandang disabilitas pergi ke bank dan mendapat perlakuan baik oleh pihak security viral di media sosial.

Kejadian ini bermula ketika seorang perempuan bernama Widi Utama pergi ke sebuah bank untuk mengambil uang.

Namun, karena semenjak virus Corona melanda, maka banyak tempat mewajibkan untuk mengenakan masker menyulitkan dirinya berkomunikasi.


Sayangnya, perempuan satu ini mengalami keterbatasan, dirinya tunarungu, ia bisa mengerti ucapan orang lain dari gerakan bibir.

Karena memakai masker, dirinya sulit untuk memahami yang diucapkan lawan bicara, sehingga dirinya mendapat bantuan dari pihak security dari pertama sampai selesai urusannya pada bank.



Pengalaman baik yang ia alami ini dibagikannya pada media sosial Twitter dan menjadi viral.



Postingan itu diunggah oleh pengguna Twitter @MustikaUngu, pada tanggal 4 Juni 2020, sampai hari ini Senin (8/6/2020), postinganya itu sudah diretweet sebanyak 15,1 ribu kali oleh warganet.

“Tuli Pergi ke Bank di Tengah Pandemi, Hormat sedalam-dalamnya untuk Bapak Kurniawan, Satpam @BNI cabang Jati Raya, Banyumanik.

Aku Tuli, tetapi masih bisa ngomong. Mengandalkan cara bicara dengan membaca gerak bibir.

Begitu ada protokol wajib pakai masker. Blar! Rasanya hopelesssss.

Tapi aku masih meyakini, ada jalan untuk tetap berkomunikasi. Kunjungan ke bank BNI dekat pasar Rasamala Jati Raya Banyumankk kemaren membuatku terharu.

Aku datang dengan membawa kertas bertuliskan pemberitahuan jika aku Tuli dan keperluanku. Kuberikan kepada Satpam.

Oleh Satpam, aku ditemani, dari mengisi slip penarikan, sampai ke teller.

Satpam memberitahuku ketika nomor antrianku dipanggil, lalu menemaniku memproses transaksi di teller.

Teler berbicara, satpam yang menuliskannya untukku.

Aku yakin, dengan speak up terus menerus, Indonesia akan inklusif pada waktunya. Dear all, keluarlah dan sampaikan kebutuhanmu yang spesial, then... mereka akan menyesuaikannya dengan keadaan kita,” tulis @MustikaUngu menyertakan sebuah foto buku dengan penuh tulisan tangan.

Postingannya itu mendapat sambutan baik, sehingga Bapak Kurniawan, security yang membantu @MustikaUngu mendapatkan penghargaan dari tempat ia bekerja.


“Bapak Kurniawan sudah dikasih reward oleh @BNI. So Proudddddd,” tweetnya mengabari perkembangan dari postingan sebelumnya.


Beberapa komentar warganet

“Hiii kak. Akupun dgn kondisi yg sama. Sempet hopeless sm keadaan saat ini yg mewajibkan semua aktivitas menggunakan masker dan tidak bisa lip reading untuk berkomunikasi dgn org lain.

Kalo kakak menggunakan android aku saranin download apk live transcribe,” @nescafiw.

“Pernah liat info di sosmed ada UMKM binaan di wilayah Semarang yang memproduksi masker untuk orang tuli. Masker yang bagian mulut pakai bahan yang transparan jadi keliatan gerak mulutnya. Mungkin bisa jadi rekomendasi untuk Mbakny,” @amelperdanaa.

“Sejak pandemi selalu kepikiran hal ini, berharap semua orang pakenya masker transparans yg keliatan bibir. Selain teman tuli, lansia yg kurang pendengaran maupun orang-orang yg sedang ada di tempat bising jg sebetulnya kesulitan kalo lawan bicara pakai masker,” @HanaNuraini90. (Serambinews.com/Syamsul Azman)




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==