Kategori

Bahaya, Jika Anda Obesitas Jangan Joging untuk Turunkan Berat Badan, ini Efeknya

By On Juli 15, 2020




Dokter melarang orang obesitas untuk olahraga joging, sebaliknya ia menawarkan banyak jenis olahraga lain yang lebih aman. Serta tips dan trik agar olahraga bisa efektif turunkan berat badan.

Orang yang mengalami obesitas disarankan rutin berolahraga guna mengurangi penumpukan lemak berlebihan yang tertimbun di tubuh.

Sebab, penumpukan lemak ini jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan. Utamanya bagi wanita, bisa meningkatkan risiko sulit hamil.

Dokter spesialis gizi klinik Samuel Oetoro juga mengatakan, olahraga dapat membakar energi sehingga akan membakar lemak yang menumpuk di tubuh.

Tapi tak semua jenis olahraga bisa dilakukan, lho. Pilih aktivitas fisik dengan intensitas rendah sampai sedang serta melakukannya secara rutin.


“Olahraga untuk obesitas jangan jalan apalagi joging,” kata Samuel pada live streaming membahas Gizi dan Sistem Reproduksi yang diadakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Alvin Setiawan di akun Instagram @alvino_georgie. Live instagram ini ditayangkan pada Sabtu, 11 Juli 2020.

Menurut Samuel, joging memaksa lutut pengidap obesitas menanggung beban yang sangat berat. Secara alami lutut akan menanggung dua kali beban tubuh saat berlari.

Samuel mencontohkan, apabila pengidap obesitas memiliki berat badan 90 kilogram, maka saat berlari, lutut akan menanggung beban 180 kilogram. Wah bisa dibayangkan bukan?


“Lutut yang menanggung beban berlebih beresiko terkena osteoarthritis (radang sendi),” ujar Samuel.

Beberapa pilihan olahraga yang direkomendasikan oleh Samuel antara lain sepeda statis, sepeda outdoor, dan juga berenang.

“Lebih aman berenang,” kata Samuel.

Selain itu, Samuel juga mengatakan, ada satu syarat yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan, yakni berolahraga minimal 150 menit dalam satu minggu.

“Olahraga 150 menit bisa bisa dibagi dalam beberapa hari, kalau empat hari, berarti 40 menit satu hari, kalau lima hari seminggu, berarti 30 menit tiap harinya,” kata dia.

Jadi bagi yang berat tubuhnya sudah mencapai kriteria obesitas, mending tidak melakukan joging ya. Banyak pilihan lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Dan yang perlu digarisbawahi adalah melakukan kegiatan olahraga secara rutin sehingga hasilnya pun jadi optimal. Selamat mencoba!

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==