Kategori

Kronologi Penemuan Belut Hidup di Perut Pasien Pria Vietnam, Begini Kejadiannya

By On Maret 23, 2024

 



Belum lama ini heboh seorang pria di Vietnam dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami sakit perut yang luar biasa. Tim dokter menemukan ada belut hidup sepanjang 30 cm di dalam tubuh pria tersebut. Bagaimana sih kejadiannya?

Kejadian itu menimpa seorang pasien pria berusia 34 tahun asal Quang Nihn Utara, Vietnam. Pria yang tidak disebutkan namanya itu dilarikan ke Pusat Medis Distrik Hai Ha pada 20 Maret 2024 setelah mengalami kram perut yang tidak diketahui penyebabnya.


Tim dokter lantas melakukan pemeriksaan USG dan rontgen untuk mengetahui apa yang terjadi pada perut pria tersebut. Dikutip dari Daily Mail, dokter menemukan adanya gambaran benda asing di dalam perut pasien.

Tim dokter juga mendeteksi adanya perforasi usus dan peritonitis, komplikasi fatal ketika jaringan yang melapisi abdomen mengalami bengkak. Setelah melihat apa yang dialami pasien tersebut dan menjalani konsultasi, tim dokter lantas mengeluarkan perintah pembedahan untuk mengangkat benda asing tersebut.


"Ini adalah kasus yang jarang terjadi, rektum adalah tempat dengan banyak kotoran dan rentan terhadap infeksi. Namun operasinya dilakukan dengan aman," ucap dokter Pham Manh Hung dikutip dalam laman resmi rumah sakit, Sabtu (23/3/2024).


Ketika proses pembedahan dilakukan, tim dokter terkejut dengan apa yang ditemukan. Rupanya benda misterius yang ada di dalam tubuh pasien tersebut adalah belut sepanjang 30 cm. Hal yang lebih mengejutkan lagi bahwa belut tersebut ditemukan masih dalam kondisi hidup.


Tim dokter kemudian dengan hati-hati mengangkat jaringan nekrotik dari ususnya. Setelah pasien menjalani operasi, pasien akhirnya sadar dan nyeri di perutnya mulai berkurang. Kini kondisi pasien juga sudah stabil dan bisa kembali beraktivitas seperti semula.


Dokter yang melakukan prosedur pembedahan tersebut menuturkan bahwa pasien tidak menjawab secara jelas bagaimana hewan berlendir itu bisa masuk ke dalam perutnya. Namun, tim dokter yakin bahwa belut tersebut masuk melalui anus pasien.


Infeksi benda asing gastrointestinal dianggap sebagai keadaan darurat klinis yang umum namun jarang terjadi. Kondisi masuknya benda asing ke dalam saluran pencernaan pasien antara lain tersedak makanan, tersedak tulang ikan, dan lainnya.


Kejadian ini dapat dialami oleh semua orang dengan segala usia. Jika tidak diperiksa dan dideteksi sejak dini, kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi serius yang mempengaruhi kesehatan bahkan nyawa pasien.




sumber : health.detik.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==