Kategori

Tak Perlu Direbus Terlalu Lama, Ini Tips Mengolah Daging Kambing agar Tidak Bau dan Alot

By On Juli 29, 2020




Supaya daging kurban bisa jadi hidangan yang nikmat untuk disantap keluarga. Jangan sampai daging kambing jadi alot atau bau ya. Untuk itu jangan lakukan cara lama bun, ini tips dan trik mudah agar daging kambing tidak bau dan alot.

Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari, tepatnya kurang 3 hari lagi. Apakah Anda sudah tahu ingin memasak menu apa di hari raya kurban nanti?

Selain memilih menu masakan, yang tak boleh dilupakan saat mengolah daging ialah berapa lama merebus daging agar empuk dan tak bau. Terutama pada daging kambing.

Meskipun kerap dianggap sepele, jika cara mengolah dan merebus daging kambing tidak tepat, bisa jadi malah membuat daging terasa alot dan tetap bau.


Ternyata, tidak boleh asal, mengolah dan merebus daging kambing memiliki teknik-teknik khusus yang harus diterapkan. Berikut ini cara mengolah hingga merebus daging kambing yang baik agar empuk, tidak bau, dan mudah diolah:

1. Memasak dalam panci besar

Banyak koki merekomendasikan untuk merebus daging kambing dalam panci besar dengan api sedang. Hal ini perlu dilakukan agar rasa dan kaldu daging tidak hilang.

Kemudian, saat merebus pastikan untuk membolak balik daging per satu menit setiap sisinya dengan spatula sambil menusuk-nusuk daging dengan garpu. Proses ini akan membuat kaldu dalam daging keluar dan daging menjadi lebih empuk.

2. Lumuri daging dengan nanas sebelum diolah

Teknik lainnya sebelum merebus daging ialah melumuri daging dengan nanas parut. Kemudian jangan lupa diamkan selama 30 menit.

Jangan sampai terlalu lama merendam daging dalam parutan nanas sebab bisa berpengaruh pada tekstur daging.


3. Rebus selama 60 menit

Rebus daging kambing selama 60 menit agar mendapatkan tekstur daging yang empuk menyeluruh. Jangan lupa tambahkan bumbu dan rempah-rempah agar daging tidak bau prengus.

Rempah-rempah yang bisa digunakan diantaranya ialah kunyit, jahe, bawang putih, kecap manis dan garam. Selain itu, tusuk-tusuk daging agar bumbu bisa meresap hingga ke dalam.

4. Merebus dengan kayu atau arang

Alternatif atau teknik lain yang bisa digunakan saat merebus daging ialah memasaknya di atas tungku kayu atau arang.

Selain panasnya stabil dan lebih irit, kompor tungku atau arang juga memberikan bau khas yang bisa membuat daging lebih wangi dan tidak bau prengus.

Itulah tips mengolah daging kambing agar tidak bau. Kini daging kambing sudah siap dimasak dengan berbagai resep masakan. Kira-kira menu apa yang akan Bunda hidangkan saat Idul Adha nanti?

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==