Kategori

Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup, yang Sakit Agar Sembuh, dan yang Sudah Meninggal

By On Oktober 10, 2020



Orang tua merupakan salah satu orang paling berjasa dalam hidup kita, mereka berdua adalah orang yang telah merawat, melahirkan dan membesarkan kita.

Selain itu, mereka tidak meminta imbalan maupun bayaran sama sekali. Tentu saja tanpa mereka berdua, kita semua mungkin tidak akan dapat mencapai titik ini dalam hidup kita. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk berbakti kepada orang tua.

Entah mereka sekarang masih dalam keadaan sehat, sakit, maupun telah meninggal. Memberikan rasa bakti tidak hanya melalui harta, namun bisa juga melalui doa. Lalu apa doa untuk orang tua?

Apa bacaan doa untuk orang tua? Apa doa untuk orang tua sesuai sunnah? Yuk simak dibawah ini.


Berikut Berbagai Doa Untuk Orang Tua

 


1. Doa untuk orang tua yang masih hidup

Berikut bacaan doa untuk orang tua yang masih hidup:


اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Teks Latin:

“ALLAHUMMA FIGHFIRLII WA LIWAA LIDHAYYA WARHAM HUMAA KAMAA RABBAYAA NII SHOKHIROON.”


Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, baik ibu dan bapakku, kasihanilah keduanya seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.”


2. Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Berikut bacaan doa untuk orang tua yang sudah meninggal:


اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Teks Latin:

“ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHI WA’FU ‘ANHU WA AKRIM NUZULAHU WA WASSI’ MADKHOLAHU, WAGHSILHU BIL MAA I WATS-TSALJI WALBARODI WA NAQQIHII MINAL KHOTHOO YA KAMAA YUNAQQOTS- TSAWBUL ABYADHU MINAD DANAS, WA ABDILHU DAARON KHOIRON MIN DAARIHII WA AHLAN KHOIRON MIN AHLIHII WA ZAWJAN KHOIRON MIN ZAWJIHI, WA ADKHILHUL JANNATA WA A ‘IDZHU MIN ‘ADZAABIL QOBRI WA FITNATIHI WA MIN ‘ADZAABIN NAAR.”


Artinya: “Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”


3. Doa untuk orang tua dan saudara seiman

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا . وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَلْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ . اَلْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ . وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ . رَبِّ اغْفِرْ وَارْ حَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّ احِمِيْنَ . وَلاَحَوْلَ وَلاَقوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ

Teks Latin:

“ALLAHUMMAGHFIRLII, WALIWAALIDAYYA, WAR HAMHUMMA, KAMAA ROBBAYAANII SHAGIIROO. WALIJAMI’IL MUSLIMINA, WALMUSLIMAATI, WALMU’MINIINA, WAL MU’MINAATI, AL AHYAA’I MINHUM WAL AMWATI, WATAABI’ WABAINANAA, WA BAINAHUM BIL KHOIRAATI, ROBBIGHFIR WARHAM WA ANTA KHOIRUR ROOHIMIINA, WALAA QUWWATA, ILLA BIILAAHI ‘ALIYYIL ADZIM.”


Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Mu.”


 


4. Doa untuk orang tua yang sedang sakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Teks Latin:

“ALLAHUMMA ROBBANNAASI ADZHIBIL BA’SA WASY FIHU, WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYFAAUKA, SYIFAAN LAA YUGHAADIRU SAQAAMA.”


Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”


5. Doa untuk orang tua yang sedang sakit parah

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Teks Latin:

“ALLAHUMMA AHYINI MAA KAA NATIL KHAYATU KHOIROLLI, WATAWAF FANNI ADZA KAANAT WAFAATU KHIROLLI.”

Artinya: “Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”


Demikian penjelasan diatas tentang apa doa untuk orang tua. Semoga bermanfaat!


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==