Kategori

Ini yang Terjadi pada Tubuh ketika Rutin Jalan Kaki Minimal 10 Ribu Langkah

By On Oktober 27, 2020

 

Ilustrasi jalan kaki. Telegraph.co.uk

Ilustrasi jalan kaki. Telegraph.co.uk

TEMPO.COJakarta - Rutinitas jalan kaki terdengar menyenangkan. Anda bisa keluar dan berjalan-jalan sambil menikmati angin pagi (atau sore), melihat pepohonan, dan menghirup udara segar. 

Tak hanya menyenangkan, AmyLee, Kepala Nutrisi untuk Nucific, menjelaskan beberapa hal yang terjadi pada tubuh ketika Anda berjalan kaki setiap hari. Efeknya tidak hanya menurunkan berat badan tapi juga menjaga kesehatan mental hingga mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Berikut beberapa keuntungan jalan kaki setiap yang bisa dirasakan, seperti dilansir dari eatthis.com, Ahad, 25 Oktober 2020.

1. Meningkatkan kesehatan mental

“Memiliki jadwal jalan kaki yang teratur sangat bagus untuk kesehatan, dan saya tidak hanya berbicara tentang fisik, tetapi juga kesehatan mental. Ada perasaan pencapaian dengan membakar kalori, dapat menurunkan stres harian, dan Anda membiarkan tubuh mengeluarkan endorfin alami yang merupakan hormon 'perasaan baik',” kata Lee.

Dia merekomendasikan mencari teman berjalan kaki dengan waktu yang teratur dan ditentukan.

"Endorfin dari jalan-jalan membantu kita merasa sedikit lebih berenergi dan memiliki pola pikir yang lebih baik untuk sisa hari itu," kata Lee.

2. Dapat membantu menjaga berat badan 

Jika tujuan Anda adalah mempertahankan berat badan dan tetap sehat, melakukan latihan jalan kaki setiap hari dapat mewujudkannya, apalagi jika dilakukan dengan jumlah langkah yang tepat setiap hari.

"Rata-rata, data menunjukkan bahwa ada manfaat bagi kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan jika Anda bisa melakukan 10.000 langkah sehari," kata Lee. "Itu setara dengan jarak sekitar 5 mil (sekitar 8 kilometer), tergantung pada panjang kaki dan langkah Anda."

Lee menyarankan memakai pedometer untuk mengukur langkah agar bisa mencapai 10.000 langkah sehari itu.

"Jarak standar dan jumlah langkah yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran adalah sekitar 10.000 langkah. Ini juga termasuk berjalan dari mobil Anda di tempat parkir, naik dan turun tangga di tempat kerja, atau berkeliling untuk melakukan pekerjaan rumah."

3. Menurunkan berat badan

Berjalan 10.000 langkah bisa menjaga berat badan dan kesehatan secara keseluruhan, tapi jika ingin benar-benar menurunkan berat badan, penelitian menunjukkan bahwa Anda harus berjalan setidaknya 15.000 langkah sehari. Atau gabungkan beberapa jenis latihan ekstra.

"Jika Anda berniat menurunkan berat badan, Anda perlu meningkatkannya! Artinya, selain 10.000 langkah, Anda harus memasukkan sesuatu dengan lebih banyak intensitas untuk mengaktifkan otot.

Berikut cara yang direkomendasikan Lee agar berjalan juga bisa menurunkan berat badan.

Berjalan lebih cepat: "Hitung waktu dan lihat berapa lama Anda biasanya berjalan 10.000 langkah. Di lain hari, cobalah untuk melakukan jarak yang sama dengan waktu yang lebih sedikit."

Berjalan lebih keras: "Ayunkan lengan itu dan lebih intens dengan gerakan Anda. Peras otot bokong dan ayunkan pinggul. Anda akan terkejut dengan kelompok otot yang akhirnya Anda aktifkan."

Berjalan di tanjakan: "Jika Anda selalu berjalan di putaran yang sama di taman atau lingkungan, cobalah untuk menemukan bukit atau lokasi dengan kemiringan lebih tinggi. Dengan begitu, Anda meningkatkan kardio."

Berjalan dengan beban: "Pertimbangkan untuk menambah beban pergelangan tangan atau beban pergelangan kaki, tetapi mulailah dengan 1 pon dan kemudian tambahkan lebih banyak seiring berjalannya waktu. Memulai dengan terlalu banyak beban dapat menyebabkan cedera jika otot Anda tidak terbiasa."

Berjalan lebih jauh: "Jika waktu tidak terbatas, berikan diri Anda lebih banyak waktu untuk menempuh jarak yang lebih jauh."

4. Menurunkan risiko kesehatan

Menurut Mayo Clinic, jalan kaki secara teratur tidak hanya membantu menjaga berat badan yang sehat, tetapi bahkan dapat membantu mencegah atau mengelola berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.

5. Memperkuat tulang dan otot

Mayo Clinic juga menyebutkan bahwa jalan kaki dapat membantu menjaga kekuatan tulang dan otot, yang sangat penting untuk mobilitas seiring bertambahnya usia.

Lee juga menyebutkan bahwa berjalan adalah olahraga yang biasanya dia rekomendasikan untuk orang-orang yang semakin tua, serta orang-orang dengan berbagai disabilitas.


sumber : www.cantik.tempo.co

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==