Kategori

Kisah Wafatnya Nabi Sulaiman, Baru Terungkap Saat Rayap Beraksi

By On November 16, 2020


 

Jin dan manusia tidak ada yang menyadarinya 

Jin dan manusia baru menyadari bahwa Nabi Sulaiman AS telah meninggal saat rayap telah beraksi. Ditegaskan oleh Allah SWT, bahwa jin tidak mengetahui perihal yang ghaib.

Berpijak pada catatan sejarah, Nabi Sulaiman AS meninggal di Baitul Maqdis pada tahun 923 sebelum Masehi. 

Menurut Ishak ibn Basyar dari Muhammad ibn Ishaq, dari az-Zuhri dan yang lainnya, Nabi Sulaiman meninggal di usia 52 tahun (Qashash al-Anbiya’, hlm.335)”.

Setahun atau dua tahun sebelum wafatnya, Nabi Sulaiman sering berada dalam Mihrabnya seorang diri sedang beribadah. Pada hari meninggal itu Sulaiman masuk ke dalam Mihrabnya kemudian mendirikan shalat. 

Setelah itu ia duduk dengan bertumpu pada tongkatnya. Kemudian saat itulah maut datang menjemputnya. Tidak ada seorang pun yang tahu, termasuk bangsa jin bahwa Sulaiman telah meninggal dunia. 

Allah SWT berfirman: 

“Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu, kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib tentulah mereka tidak akan tetap dalam siksa yang menghinakan.” (Q.S. Saba’ 34: 14)

Bangsa jin terus saja bekerja sebab yakin Sulaiman tetap mengawasi pekerjaan mereka, padahal Nabi Sulaiman pada saat itu telah meninggal dunia. Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa jin tidak mengetahui yang ghaib.

Seandainya jin mengetahui yang ghaib tentu mereka tahu bahwa Sulaiman sudah meninggal dunia. Mereka baru tahu Sulaiman meninggal dunia setelah rayap memakan tongkat Nabi Sulaiman hingga patah dan membuat Nabi Sulaiman terjatuh.

Demikianlah kisah Nabi Sulaiman AS, seorang Nabi dan Rasul dan sekaligus Raja yang adil dan bijaksana, tak hanya sukses memerintah manusia saja, ia juga memerintah jin dan binatang. 

Selain itu, ia termasuk salah satu Nabi yang diberikan kekayaan dan kekuasaan luar biasa dari Allah SWT.


sumber : wajibbaca.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==