Kategori

Detik-detik Ombak Besar Setinggi 4 Meter Terjang Pusat Perbelanjaan di Manado

By On Januari 18, 2021



Deburan ombak besar hantam ruas jalan. 

Petugas keamanan ungkap ini kejadian pertama air laut masuk ke jalan hingga ke dalam area Mantos dan juga Megamas. Tak hanya di tepi, melainkan masuk juga area tengah kawasan mall. 

Belum usai rentetan bencana di Indonesia yang terjadi seolah silih berganti di awal tahun ini. 

Mulai dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182, gempa bumi, banjir, hingga ombak yang menerjang pesisir pantai Manado. 

Dikabarkan, ombak setinggi dua hingga empat meter menerjang pesisir pantai Manado, pada Minggu (17/1) sore hingga malam. 

Akibatnya, air laut dahsyat tersebut menggenangi dua kawasan reklamasi masing-masing kawasan Megamas dan kawasan Mantos yang kini jadi pusat bisnis di Manado.

Air laut yang terbawa ombak bahkan menggenangi hampir seluruh ruas jalan di dalam kawasan bisnis tersebut. 

Bahkan, beberapa bangunan terdampak dengan masuknya air laut ke dalam bangunan tersebut. 

Beberapa video yang beredar di masyarakat, menunjukkan salah satu restoran cepat saji, McDonalds jadi bangunan yang tergenangi air laut tersebut. 


Sementara itu, pantauan manadobacirita malam ini sekitar pukul 22.00 WITA di kawasan Megamas, air yang didorong oleh kuatnya ombak tersebut hanya berjarak 10 meter lagi untuk mencapai ruas Jalan Utama Boulevard. 

Beberapa warga mengaku, ombak besar tersebut mulai terjadi sekitar pukul 16.00 WITA sebelum terus membesar hingga menggenangi ruas jalan di dalam kawasan Megamas dan Mantos.

"Tinggi sekali ombak. Pertama hanya di jalan belakang. Ternyata terus bertambah tinggi dan akhirnya sampai hampir di semua kawasan Megamas masuk air laut," ujar Samuri, warga yang melihat sejak kondisi awal ombak.

Beberapa petugas keamanan kawasan Megamas juga mengaku jika ini adalah kejadian kali pertama air laut sampai menggenangi ruas jalan hingga ke tengah kawasan. 

"Baru kali ini kejadian seperti ini. Tapi, memang sejak pagi kami lihat kondisi tidak baik karena angin kencang dan turun hujan. Tapi, nanti sore, hujan sudah tidak terlalu lebat, tapi angin semakin kencang dan akhirnya ombak jadi tinggi," ujar para petugas keamanan. 

Hingga malam ini, kondisi di kawasan Megamas dan Mantos masih ramai dikunjungi warga yang ingin menonton ombak besar yang terjadi di pesisir pantai tersebut.

Akibat banjir rob yang terjadi di Manado ini, sampah yang terbawa air laut memenuhi ruas jalan di kawasan Megamas. 

Belum jelas apakah sampah-sampah tersebut turut terbawa ombak atau berasal dari dalam kawasan megamas yang tersapu air laut.

Tak hanya sampah, bakan beberapa kendaraan juga tersapu oleh hantaman ombak laut yang sangat keras. 

Semoga bencana ini segera usai dan masyarakat mendapatkan pertolongan dari pemerintah setempat. 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==