Kategori

Viral Video Salat Tarawih Kilat di Indramayu, MUI: Sebaiknya Tidak Buru-Buru, Lihat Videonya....

By On April 14, 2021

 


Salat tarawih kilat di Pondok Pesantren Al-Quraniyah Indramayu, Jawa Barat viral di media sosial. Video salat supercepat itu menjadi perbincangan netizen hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun berkomentar. Ketua MUI KH Cholil Nafis menyayangkan adanya segelintir masyarakat yang melaksanakan salat Tarawih dengan tergesa-gesa. Menurutnya salat Tarawih yang berasal dari kata tarwih berarti istirahat.  BACA JUGA: Wow, Salat Tarawih Supercepat di Indramayu, 23 Rakaat Selesai Dalam Waktu 6 Menit Menurutnya jika diartikan lagi dapat memiliki arti santai. Oleh karenanya yang dilakukan adalah santai bukannya terburu-buru. "Ya memang sebaiknya tidak begitu. Karena tarawih itu artinya kan santai, bukan buru-buru," katanya kepada MNC Portal, Selasa (13/4/2021) malam. 

Dia menjelaskan jika salat Tarawih dilakukan dengan cara seperti itu maka dikhawatirkan kekhyusukan ibadah menjadi berkurang. Bahkan lebih parahnya lagi bisa tidak khusyuk sama sekali. Salat Tarawih Supercepat di Masjid Al Busthomi Cirebon "Sehingga kalau begitu esensi khusyuknya berkurang atau, ya mungkin tak khusyuk sama sekali," ucapnya. 

Ini Alasannya Dia berharap masyarakat dapat melaksanakan salat Tarawih sesuai dengan pedoman yang diajarkan. Adapun salah satu syaratnya adalah tuma'ninah yang berarti diam sejenak setelah gerakan salat sebelumnya.  Menurutnya jika salat Tarawih dijalankan dengan baik dan benar niscaya akan mendapatkan pahala serta hikmahnya. 

"Berharap masyarakat melakukan salat Tarawih sesuai dengan pedoman salat atau syarat rukun salat di antaranya tuma'ninah. Mudah-mudahan nanti bisa mendapatkan pahala dan hikmah dari tarawih tersebut," katanya. 



Video salat Tarawih kilat di Pondok Pesantren Al-Quraniyah Indramayu diunggah akun Instagram @duniapunyacerita.  Dalam video tampak jemaah menunaikan salat Tarawih dengan lima saf. Pakaian yang dikenakan pun kompak berwarna putih, disertai kopiah dan sarung. Seorang imam membacakan dengan keras ayat quran. Dalam potongan video berdurasi sembilan detik itu, surat Al-Fatihah dibaca cepat sehingga tak terdengar jelas. Salat berlangsung cepat, sehingga gerakan para jemaah pun tidak sinkron mengikuti imam.  Alhasil gerakan rukuk, iktidal, sujud, hingga salam hanya dalam waktu enam detik. Selepas salam, imam dan para jemaah kembali berdiri dan melanjutkan salat Tarawih.



sumber : jabar.inews.id

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==