Kategori

Sehebat Apapun Pertengkaran Dengan Pasangan, Tetap Hindari 3 Hal Ini

By On Juni 12, 2021


 

Pertengkaran dalam rumah tangga mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya pertengkaran ini mulai dari salah faham bahkan sampai perselingkuhan dari salah satu pihak.


Sehebat Apapun Pertengkaran Dengan Pasangan, Tetap Hindari 3 Hal Ini


Meski begitu, bertengkar juga harus ada adabnya, terutama pertengkaran antara pasangan suami dan istri. Jangan sampai 3 hal ini ada saat perselisihan terjadi, seperti yang dikutip dari ruangmuslimah.


1. Hindari KDRT

Dalam Al-Quran Allah membolehkan seorang suami untuk memukul istrinya ketika sang istri membangkang. Sebagaimana firman Allah di surat An-Nisa: Wanita-wanita yang kamu khawatirkan tidak tunduk, nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. kemudian jika mereka mentaatimu, Maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya..(QS. An-Nisa: 34)


Sehebat Apapun Pertengkaran Dengan Pasangan, Tetap Hindari 3 Hal Ini


Namun ini izin ini tidak berlaku secara mutlak. Sehingga suami bebas melampiaskan kemarahannya dengan menganiaya istrinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan batasan lain tentang izin memukul, terutama bagian wajah dan kepala. Sebagaimana sabda beliau, “jangan memukul wajah.” Mencakup kata wajah adalah semua kepala. Karena kepala manusia adalah hal yang paling penting. Ada banyak organ vital yang menjadi pusat indera manusia.


Selain itu jangan juga sampai kelewat batas. Batasan ini disebutkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam khutbah beliau ketika di Arafah, “Jika istri kalian melakukan pelanggaran itu, maka pukullah dia dengan pukulan yang tidak menyakitkan.” (HR. Muslim 1218)


2. Hindari Cacian

Allah tidak menyukai Ucapan buruk (caci maki), (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. (An-Nisa: 148)


Sehebat Apapun Pertengkaran Dengan Pasangan, Tetap Hindari 3 Hal Ini


Setidaknya, ketika dia tidak mampu memberi balasan secara fisik, dia mampu membalas dengan melukai hati orang yang mendzaliminya.


3. Tetap jaga ‘Aib’ ini

Bagian ini penting untuk kita perhatikan. Hal yang perlu disadari bagi orang yang sudah keluarganya, jadikan masalah keluarga sebagai rahasia anda berdua. Karena ketika masalah itu tidak melibatkan banyak pihak, akan lebih mudah untuk diselesaikan. Terkait tujuan ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menasehatkan, “jangan kamu boikot istrimu kecuali di rumah”


Sehebat Apapun Pertengkaran Dengan Pasangan, Tetap Hindari 3 Hal Ini


Ketika suami harus mengambil langkah memboikot istri karena masalah tertentu, jangan sampai boikot ini tersebar keluar sehingga diketahui banyak orang. Sekalipun suami istri sedang panas emosinya, namun ketika di luar, harus menampakkan seolah tidak ada masalah. Kecuali jika anda melaporkan kepada pihak yang berwenang, dalam rangka dilakukan perbaikan.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==