Kategori

Masyaallah, Inilah Beberapa Keutamaan Malam Lailatul Qadar yang Rugi Jika Kita abaikan

By On Juni 29, 2016

Medianda -Sahabat Medianda, dipenghujung akhir bulan Ramadhan ini, banyak di antara kita yang melakukan I’tikaf. Membawa keluarga besar ataupun beritikaf sendirian. Dalam rangka menjalankan amalan sunnah pada 10 malam terkahir pada bulan Ramadhan.



Tentu saja kita semua berharap mendapatkan malam lailatul qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Segala aktivitas kita fokus untuk beribadah dan mengharap ridho-Nya. Apa saja yang menjadi keutamaan bagi orang-orang yang mendapat malam lailatul qadar? Simak ulasan selengkapnya.

No 1. Amalan pada lailatul qadar lebih baik dari 1000 bulan

Sahabat Medianda, siapa yang tak mau jika amalan yang kita lakukan pada lailatul qadar  nilainya lebih baik dari seribu bulan.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman yang artinya: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3).

An Nakho’i mengatakan, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (Lihat Latho-if Al Ma’arif, hal. 341).

Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan ialah shalat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. (Zaadul Masiir, 9: 191). Ini sungguh keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa.

No 2. Lailatul qadar, waktu diturunkannya Al Quran

Seperti yang dikatakan oleh  Abdullah Bin Abbas, “Allah menurunkan Alqur’an sekaligus secara utuh dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Alqur’an diturunkan Allah secara terpisah pada Rasulullah selama 23 tahun sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi.” (Tafsir Ibnu Katsir)

No 3. Lailatul qadar, malam yang penuh dengan keberkahan

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

yang artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon: 3)

Malam penuh berkah ini ialah malam ‘lailatul qadar’ dan ini sudah menunjukkan keistimewaan malam tersebut.

No 4. Lailatul Qadar, malam dicatatnya takdir tahunan

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman yang artinya: "Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan: 4)

Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya (12: 334-335) menerangkan bahwa pada Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rezeki. Dan juga akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun. Demikian diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, Abu Malik, Mujahid, Adh Dhohak dan ulama salaf lainnya.

Namun perlu dicatat -sebagaimana keterangan dari Imam Nawawi rahimahullah­ dalam Syarh Muslim (8: 57)– bahwa catatan takdir tahunan tersebut tentu saja didahului oleh ilmu dan penulisan Allah. Takdir ini nantinya akan ditampakkan pada malaikat dan ia akan mengetahui yang akan terjadi, lalu ia akan melakukan tugas yang diperintahkan untuknya.

No 5. Malam penuh ampunan

Salah satu keutamaan Lailatul Qadar ialah pengampunan dosa bagi orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar.

Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

مَنْقَامَلَيْلَةَالْقَدْرِإِيمَانًاوَاحْتِسَابًاغُفِرَلَهُمَاتَقَدَّمَمِنْذَنْبِهِ

yang artinya, “Barang siapa yang melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu”. (HR. Bukhari no. 1901)

No 6. Turunnya malaikat-malaikat dan malaikat Jilbril

Keistimewaan Lailatul Qadar ditandai pula dengan turunnya malaikat. Allah Ta’ala berfirman,

تَنَزَّلُالْمَلَائِكَةُوَالرُّوحُفِيهَا

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril.” (QS. Al Qadar: 4)

Banyak malaikat yang akan turun pada Lailatul Qadar karena banyaknya barokah (berkah) pada malam tersebut. Karena sekali lagi, turunnya malaikat menandakan turunnya berkah dan rahmat. Sebagaimana malaikat turun ketika ada yang membacakan Al Qur’an, mereka akan mengitari orang-orang yang berada dalam majelis dzikir -yaitu majelis ilmu-. Dan malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka. (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 407)

Malaikat Jibril disebut “Ar Ruuh” dan dispesialkan dalam ayat karena menunjukkan kemuliaan (keutamaan) malaikat tersebut.


No 7. Malam yang penuh dengan kesejahteraan

Yang dimaksud ‘salaam’ dalam ayat,

سَلَامٌهِيَحَتَّىمَطْلَعِالْفَجْر

Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 5) yaitu malam tersebut penuh keselamatan di mana setan tidak dapat berbuat apa-apa di malam tersebut baik berbuat jelek atau mengganggu yang lain.

Demikianlah kata Mujahid (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 407). Pada malam tersebut, banyak yang selamat dari hukuman dan siksa karena mereka melakukan ketaatan pada Allah (pada malam tersebut). Sungguh hal ini menunjukkan keutamaan luar biasa dari Lailatul Qadar.

Nah… sahabat medianda, sekarang sudah tahu kan, apa saja yang menjadi keutamaan lailatul qadar. Masih ingin mengabaikannya? Maka ingatlah hadits berikut ini,

Nabi bersabda: “Carilah oleh kalian keutamaan lailatul qadr (malam kemuliaan) pada malam-malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan”

Dari Aisyah radhiallahu’anha, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

تَحَرَّوْا ليلة القدرِ في الوِتْرِ، من العشرِ الأواخرِ من رمضانَ

Carilah oleh kalian keutamaan lailatul qadr (malam kemuliaan) pada malam-malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan”.

Itulah beberapa keistimewaan malam Lailatul Qadar. Tentunya masih banyak keistimewaan-keistimewaan lainnya yang sudah tersirat dalam ayat serta hadist lain. Seperti yang diketahui, malam Lailatul Qadar merupakan malam dengan sejuta keistimewaan bagi orang muslim yang menghidupkannya dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

Semoga kita semua mendapatkan malam 1000 bulan atau biasanya kita sebut malam lailatul qadar.


Sumber : ummi-online.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==