Kategori

Beginilah Bentuk Dan Rupa Matahari Jika Dilihat Dari Planet Lain

By On Agustus 22, 2016


Kabar Islam Terupdate - Bagaimana penampakan matahari di Bumi? Tak perlu bertanya-tanya, cukup menatap ke langit dan melihat lingkaran bercahaya yang jaraknya 150 juta kilometer jauhnya dari bumi itu.





Lantas bagaimana penampakan matahari dari planet lain? Mengingat jarak yang sangat jauh dan berbeda, tidak mudah untuk membayangkan penampakan matahari dari planet lain.

Tapi, melalui teknologi rendering digital oleh seorang ilustrator asal Virginia, Amerika Serikat, Ron Miller, yang menghabiskan sepuluh tahun untuk menggambarkan kondisi di luar angkasa, membantu menjawab pertanyaan rumit tersebut. Dia menunjukkan gambaran matahari dari langit-langit delapan planet tersebut.

"Satu-satunya hal yang penting untuk diketahui adalah seberapa jauh seseorang dari matahari," kata Miller kepada Huffington Post.

"Jika jarak Anda 20 kali lebih jauh dari matahari ke bumi, maka matahari akan tampak 20 kali lebih kecil," ucap dia menambahkan.

Dalam hukum kuadrat terbalik, intensitas cahaya dari sebuah objek jatuh dengan ukuran jarak yang berlipat (kuadrat). Jadi, sebagai contoh, sinar matahari di Neptunus 900 kali lebih redup ketimbang di Bumi karena Neptunus berjarak 30 kali lebih jauh dari matahari (30 x 30 = 900).

Jarak Merkurius dari matahari adalah 57,9 juta kilometer, atau 39 persen jarak dari Bumi ke matahari. Di Merkurius, matahari tampak tiga kali lebih besar, ketimbang penampakan di Bumi.

2. Venus

Matahari dapat dilihat langsung dari Venus karena jaraknya hanya 108 juta kilometer (72 persen jarak Bumi ke Matahari). Dilihat dari daratan Venus, yang mengandung unsur asam sarat sulfat, matahari tak lebih dari penampakan yang berbentuk remang.

3. Bumi

Bumi berjarak 150 juta kilometer dari matahari. Pada jarak ini, matahari tampak di atas langit luas. Posisi penampakan matahari akan jatuh pada posisi bulan berada. Pada saat tertentu, jarak Bulan dan Matahari akan bersinggungan. Di saat itulah muncul gerhana matahari.



4. Mars

Jarak Mars ke matahari adalah 228 juta kilometer. Jarak itu akan memunculkan penampakan matahari yang terlihat kecil. Bentuk matahari yang kecil juga dipengaruhi oleh sapuan debu di langit Mars.

5. Jupiter

Jupiter menjad planet yang kerap terlihat dengan mata telanjang di Bumi. Jarak Jupiter dengan matahari adalah 779 juta kilometer. Dengan jarak itu, gerhana matahari yang nampak di Jupiter akan lima kali lebih kecil dengan yang dialami di Bumi. Sinar matahari akan melewati atmosfer padat planet itu dalam bentuk cincin berwarna merah.

6. Saturnus

Jarak Saturnus ke matahari adalah 1.430 juta kilometer. Kristal air dan gas amonia yang membias karena sinar matahari menciptakan efek optik yang indah seperti Halo dan Sundogs. Matahari akan terasa lebih redup daripada yang dirasakan Bumi. Dengan begitu, mata manusia dapat menyaksikan matahari secara langsung.



sumber : dream.co.id

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==