Kategori

Do’a Agar Dijauhkan Dari Teman Penipu

By On September 05, 2016

Medianda - Sahabat media Sering kita mendengar jika kita berteman dengan pandai besi maka kita akan terkena bau besinya. Tapi jika kita berteman dengan penjual minyak wangi maka kita akan terkena wanginya. Untuk itu kita harus tahu teman mana yang baik dan yang burukTeman adalah salah satu orang yang berpengaruh dalam membentuk bagaimana kita. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dalam memilih teman. Tapi bukanlah hal yang mudah untuk menemukan teman yang istiqomah dan selalu mengajak kita pada kebaikan. Teman yang dianggap baik bisa saja berubah menjadi teman yang jahat atau penipu.



Sebagai manusia biasa, kita tidak dapat membaca isi hati setiap orang, begitu juga dengan seorang teman. Tidak ada yang tahu apakah teman atau sahabat itu akan terus bersama atau baik kepada kita selamanya atau justru tiba-tiba bisa mencelakakan kita. Untuk itu, Rasulullah mengajarkan sebuah doa agar dijauhkan dari orang jahat, termasuk jika itu teman dekat kita.Inilah doanya:

Allahumma inni a’udzu biKa min khaliilin maakir, ‘aynaahu tarayaani wa qalbuhu yar’aani, in ra-aa hasanatan dafanaha, wa in ra-aa sayyi-atan adzaa-‘ah


Artinya:

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari teman dekat yang suka menipu, matanya melihatku, tetapi hatinya mencurigai aku. Jika ia melihat kebaikanku, ia sembunyikan. Tetapi jika ia melihat kejelekanku, ia sebarkan.”
[HR. Ibnu Najjar dari Sa’id Al-Maqburi, hadits mursal]



Pada do’a tersebut, kita memohon kepada Allah Ta’ala agar dilindungi dari kejahatan teman akrab atau sahabat karib yang khianat dan menipu. Dijauhkan dari keburukannya dapat beragam bentuknya. Terserah kepada Allah Ta’ala bagaimana Ia melindungi kita. Husnuzhan tetap kita jaga, tidak sibuk mencurigai sebagian sahabat dekat kita, tetapi Allah Ta’ala menjauhkannya pelan-pelan. Kita tidak memutus persahabatan, tapi tanpa terasa saling berjauhan. Atau, boleh jadi tetap akrab, tapi Allah Ta’ala singkirkan tipu dayanya dari kita. Dalam ini kita tidak perlu bersibuk menelisik keburukan sahabat kita, yang menjauh maupun yang mendekat.

Semoga bermanfaat.





Sumber:Reportaseterkini.net


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==