Kategori

Ini Dia Arti Warna Lidah Tentang Kondisi Kesehatan Kita Saat Ini

By On Mei 14, 2017

Medianda – Sahabat medianda Sudah kita ketahui bersama bahwa warna normal lidah manusia yakni berwarna pink. Namun perlu diingat tubuh kita ini merupakan ciptaan Allah yang paling luar biasa. Tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk memberi tahu kita jika ada yang tidak beres terjadi dalam tubuh kita sendiri, misalnya sakit, keracunan dan sebagainya. Salah satu organ tubuh yang bisa memberikan sinyal jika ada masalah kesehatan dalam tubuh salah satunya adalah lidah. Tanpa kita sadari, lidah dapat berubah-ubah warnanya sesuai dengan kondisi tubuh kita. Hal ini juga mengapa sering dokter menyuruh kita membuka mulut dan mengeluarkan lidah untuk melihat gejala penyakit dari lidah kita.



Berikut ini ada enam warna lidah yang menunjukkan keadaan kesehatan kita, dikutip dari laman Vemale.com.

1. Lidah merah

Panas tubuh yang tidak normal akan membuat lidah kita membengkak dan tampak lebih merah. Ini menandakan bahwa kamu sedang mengalami demam, demam berdarah, atau bisa juga karena kekurangan vitamin seperti vitamin B-12 dan vitamin B3 atau kekurangan mineral zat besi sehingga lidah berwarna kemerahan.

2. Lidah hitam

Ini adalah kondisi yang berbahaya karena lidah bisa mati rasa. Lidah berwarna hitam menandakan bahwa bagian rongga mulut kamu tidak bersih dan bisa jadi bakteri terjebak dan berkembang sepanjang permukaan lidah hingga membentuk bercak-bercak hitam di lidah. Merokok dan banyak minum kopi juga bisa menjadi alasan hitamnya warna lidah atau berbagai kebiasaan makan yang buruk lainnya.

3. Lidah kuning

Hampir sama dengan lidah hitam, lidah kekuningan juga merupakan tanda tidak bersihnya rongga mulut sehingga membuat bakteri dan jamur bersarang di permukaan lidah. Membersihkan gigi dan rongga mulut serta lidah dengan baik akan mengembalikan warna lidah kamu kembali normal.


4. Lidah cokelat

Lidah cokelat bisa jadi pertanda stadium awal kan*ker kulit melanoma. Jika melihat ada bercak cokelat pada lidah yang semakin lama semakin menghitam, segeralah periksakan ke dokter.

5. Lidah ungu

Ini adalah tanda bronkitis kronis, kadar kolesterol tinggi atau terlalu banyak makan makanan yang dingin. Makan bawang putih atau minum jahe hangat akan memperbaiki kondisi ini dan membuat lidah pink atau normal kembali.

6.Lidah putih

Ini bisa disebabkan dehidrasi, infeksi rongga mulut karena jamur atau bakteri dan timbulnya penyakit leukoplakia yang biasanya muncul pada perokok berat. Minum banyak air putih dan jaga kebersihan rongga mulut dan lidah secara intensif bisa mengatasi hal ini.


Nah sahabata medianda sekarang kamu tahu kan bagaimana warna lidah menunjukkan penyakit yang ada di dalam tubuh kamu? Coba sekarang periksa ke cermin, apakah warna lidah kamu normal berwarna pink atau malah berwarna seperti yang diatas?

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==