Kategori

PBNU: Korban Meninggal Karena Virus Corona atau COVID-19 Syahid fil Akhiroh

By On Maret 24, 2020

IDNews - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyimpulkan bahwa penyakit akibat virus corona atau COVID-19 tergolong sebagai wabah atau tho'un. Oleh karenanya korban yang meninggal lantaran virus corona tergolong syahid.



Hal itu diputuskan dalam bahtsul masail Lembaga Bahtsul Masail PBNU tentang Fiqih Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19 atau virus corona.

"Bahwa Covid-19 merupakan wabah (tho'un), karena itu orang yang meninggal akibat Covid-19 statusnya adalah syahid fil akhiroh. Sebab kedudukan syahadah (mati syahid) tidak hanya didapat oleh mereka yang gugur di medan perang," demikian keputusan bahtsul masail Lembaga Bahtsul Masail PBNU yang salinannya bisa diunduh di website resmi nu.id.

Hasil keputusan tersebut ditandatangani oleh Ketua Lembaga Bahtsul Masail PBNU KH. M. Nadjib Hassan dan Sekretaris Sarmidi Husna. Ikut sebagai Tim Perumus antara lain: KH. Afifuddin Muhajir, KH. Ahmad Ishomuddin, KH. Miftah Faqih, KH. Solahuddin Alayubi, KH. Abdul Ghafur Maimun, KH. Afifudin Dimyathi, KH. M. Najib Hassan, KH. Azizi Hasbullah, KH. Abdul Moqsith Ghazali, KH. Mahbub Ma'afi, KH. Asnawi Ridwan, KH. Najib Bukhari, KH. Darul Azka, dan KH. Sarmidi Husna.

Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim menyebutkan bahwa di antara yang termasuk mati syahid adalah orang yang tertimpa tha'un atau wabah.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ما تعدون الشهداء فيكم? قالوا : يا رسول الله, من قتل في سبيل الله فهو شهيد. قال إن شهداء أمتي إذا لقليل! قالوا: فمن هم يا رسول الله? قال من قتل في سبيل الله فهو شهيد, ومن مات في سبيل الله فهو شهيد, ومن مات في الطاعون فهو شهيد, ومن مات في البطن فهو شهيد, والغريق شهيد

)رواه مسلم(

"Rasulullah Saw. bertanya (kepada sahabatnya): 'Siapakah orang yang mati syahid di antara kalian?' Mereka menjawab: 'Orang yang gugur di medan perang itulah syahid ya Rasulullah,'. Rasulullah Saw bersabda: 'Kalau begitu, sedikit sekali umatku yang mati syahid.' Para sahabat bertanya: 'Mereka itu siapa ya Rasul? 'Jawab Rasulullah Saw: 'Orang yang gugur di medan perang itu syahid, orang yang mati di jalan Allah (bukan karena perang) juga syahid, orang yang tertimpa tha'un (wabah) pun syahid, orang yang mati karena sakit perut juga syahid, dan orang yang tenggelam adalah syahid" (HR Muslim).

Hingga hari ini jumlah masyarakat yang terkena virus corona atau COVID-19 belum menunjukkan penurunan. Di DKI Jakarta misalnya, terus terjadi peningkatan dalam kasus positif corona maupun meninggal dunia.

Hingga Selasa, 24 Maret 2020 pukul 08:00 WIB seperti di lansir dari halaman informasi Corona resmi Pemprov DKI Jakarta, corona.jakarta.go.id terdapat 377 kasus positif di Jakarta.

Sumber: Detik

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==