Kategori

5 Manfaat Tak Pakai Makeup dalam Waktu Lama

By On Mei 13, 2020



Sadar atau tidak, pandemi Covid-19 membuat permukaan kulit tak bertemu dengan kosmetik atau makeup. Berminggu-minggu tanpa riasan rupanya bukan hal yang buruk.

Ada beberapa manfaat yang bisa dipetik dari 'puasa makeup' mulai dari berkurangnya jerawat hingga garis-garis penuaan yang kian menipis.

Berikut beberapa manfaat berminggu-minggu tanpa makeup untuk kesehatan kulit, melansir Women's Health Magazine.


1. Permukaan kulit kembali 'seimbang'

Ahli dermatologi Nadia Kihiczak mengatakan, menghindari penggunaan foundation dan blush on dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak dan hidrasi kulit.
Tak hanya itu, menurunnya intensitas penggunaan toner juga berkontribusi pada mengembalikan keseimbangan minyak alami pada kulit.

2. Jerawat berkurang

Berbeda dengan produk skincare yang meresap hingga lapisan dalam kulit, makeup hanya bertahan di permukaan. Penggunaan makeup bisa memengaruhi produksi sebum yang bergantung pada faktor eksternal seperti kelembapan.

"Sering kali penggunaan makeup meningkatkan produksi minyak. Tanpa makeup bisa mengurangi kadar minyak sekaligus menghilangkan jerawat," ujar ahli dermatologi lain, Hadley King.

3. Kulit minim terekspos bakteri

Puasa makeup juga membuat Anda terjauh dari penggunaan kuas yang berpotensi membawa bakteri untuk kulit.

Kihiczak mengatakan, bakteri apa pun bisa bertahan meski kuas telah dicuci. Tak hanya di kuas, bakteri juga bisa 'menginap' di dalam makeup.


4. Garis-garis tanda penuaan menipis

Penggunaan makeup dapat mempercepat kemunculan tanda-tanda penuaan pada kulit. Riasan, kata Kihiczak, dapat menempel pada garis-garis halus dan kerutan sehingga membuatnya tampak jelas.

Tak hanya itu, proses menghapus makeup juga menimbulkan tarikan-tarikan pada kulit. Tarikan pada kulit secara terus menerus dapat memengaruhi elastisitas kulit dan mempercepat penuaan.

5. Bulu mata lebih 'penuh'

Tak menggunakan maskara memberikan dampak positif pada bulu mata. Kerusakan akan berkurang dan membuat bulu mata tampak lebih panjang dan tebal.

Kendati banyak manfaat yang didapat dari 'puasa makeup', Anda harus tetap menjalankan rutinitas perawatan kulit seperti biasanya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==