Kategori

Meteorit Berasal dari Bulan Ditaksir Senilai Rp36 Miliar

By On Mei 01, 2020




Meteorit bulan dengan nama NWA 12691 memiliki berat lebih dari 30-pounds. Meteorit ini diperkirakan memiliki nilai USD2,5 juta atau sekira Rp36 Miliar, dikutip Techeblog.

Batu luar angkasa ini datang dari hujan meteorit besar di dekat perbatasan Sahara Barat, Aljazair dan Mauritania. Dengan taksiran senilai USD2,5 juta ini, maka meteorit ini memiliki nilai sekira USD80 ribu per pon.


Meteorit ini terdiri dari mineral dan gas bulan yang langka, beberapa di antaranya masih belum diketahui di Bumi.

Meteorit ini mungkin mendarat di planet kita ribuan tahun yang lalu setelah dikeluarkan dari permukaan bulan oleh tabrakan asteroid atau komet.

Dilansir dari laman The Mercury News, meteor merupakan batu luar angkasa yang memasuki atmosfer Bumi dengan mengalami proses penguapan.

Sementara itu komet merupakan sebongkah benda luar angkasa yang mengandung es, batu, serta serpihan debu. Ukuran diameter komet yaitu beberapa mil.

Benda ini juga mengorbit matahari, puing-puing komet adalah sumber dari terbentuknya banyak meteorit dalam jumlah besar


Sementara asteroid memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan meteorit yang mengorbit matahari. Asteroid terbentuk dari batu atau logam. Benda langit yang lebih besar dari ukuran 10 meter kerap dinamakan asteroid.





sumber : https://techno.okezone.com/read/2020/05/01/56/2207719/meteorit-berasal-dari-bulan-ditaksir-senilai-rp36-miliar?

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==