Kategori

Penggunaan Masker Bisa Sebabkan Hiperkapnia, Ini Penjelasan Ahli

By On Juni 09, 2020




Saat ini semua orang diharuskan memakai masker untuk melindungi diri dari penularan virus corona Covid-19. Tapi, penggunaan masker terlalu lama disebut bisa mengurangi asupan oksigen manusia.

Beberapa orang mengatakan penggunaan masker justru membuat mereka menghirup karbon dioksida. Kondisi ini bisa menyebabkan mereka pusing, pingsan hingga merasa seolah-olah tercekik.


Banyak orang juga khawatir tentang bahaya penggunaan masker, mengingat sedikitnya oksigen yang dihirup mungkin akan memengaruhi kesehatan.

Lincoln Park, seorang pengemudi di New Jersey yang menabrakkan mobilnya ke tiang mengaku kecelakaan ini disebabkan oleh maskernya.

Ia mengatakan penggunaan masker N95 terlalu lama telah membuatnya pingsan. Sebelumnya, seseorang juga bercerita pingsan di dalam mobil karena memakai masker yang mengurangi asupan oksigen melalui Facebook.

Tapi, pihak kepolisian masih belum meyakini 100 persen bahwa penggunaan masker N95 bisa menyebabkan kecelakaan. Kepolisian menduga ada faktor medis lain yang menyebabkan orang itu pingsan.

Menurut National Institutes of Health (NIH), penggunaan masker bisa sangat berbahaya meski kasus seperti itu jarang terjadi. Penggunaan masker terlalu lama bisa membuat orang menghirup banyak karbon dioksida (CO2) tingkat tinggi yang mengancam jiwa.


Kondisi itu mungkin bisa memicu hiperkapnia (toksitas karbon dioksida) yang juga bisa menyebabkan sakit kepala, vertigo, penglihatan ganda, kesulitan berkonsentrasi, tinitus, kejang hingga mati lemas.

Namun, Bill Carroll, seorang profesor kimia di Universitas Indiana, Bloomington mengatakan, kondisi itu bisa terjadi bila karbon dioksida yang dihirup dalam level tinggi. Jadi, karbon dioksida yang tinggi menyebabkan kerusakan dalam tubuh.


"CO2 hadir di atmosfer pada tingkat sekitar 0,04 persen. Jumlah itu berbahaya di atmosfer ketika lebih besar dari 10 persen," kata Bill Carroll dikutip dari Health.


Seseorang mungkin juga hanya menghirung sedikit CO2, terutama ketika mengeluarkan napas terlalu cepat dan sering.

"Jika Anda menahan napas, Anda akan menghasilkan terlalu banyak CO2. Masalah intinya adalah CO2 berfungsi mengatur pH darah akibat terlalu banyak CO2, darah terlalu asam dan terlalu banyak basa," jelasnya

Dalam kasus tersebut, tubuh akan mendeteksi perubahan keasaman dan seseorang bisa pingsan. Tapi, sejauh mana masker bisa memengaruhi tingkat CO2 di dalam tubuh tergantung pada bahan dan ketatnya pemakaian masker tersebut.

"Jika Anda menggunakan kantong plastik di kepala dan mengikatnya kencang di leher, maka tidak akan ada virus corona yang masuk, tetapi juga tidak ada oksigen yang bisa masuk. Karena itu seseorang bisa mati lemas," jelas Carroll.


sumber : https://www.suara.com/

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==