Kategori

Indonesia Bakal Jadi Negara Ekonomi Terbesar ke-5 di 2024

By On Juli 24, 2020

Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan, negara-negara Asia akan mengisi daftar 5 negara dengan kekuatan ekonomi dunia pada 2024.
Sebanyak 4 negara Asia bakal menggeser Eropa ke peringkat yang lebih rendah berkat angka produk domestik bruto (PDB) yang lebih tinggi 4 tahun mendatang.
Indonesia turut diprediksi jadi negara besar tersebut di peringkat 5. Posisi tersebut sebelumnya dikuasai oleh Inggris (Britania Raya) pada 2008 silam.
Populasi kelas menengah yang terus bertambah menjadi alasan mengapa Bank Dunia dan IMF meramal Indonesia bisa jadi salah satu negara dengan PDB tertinggi.
“Jumlah angkatan kerja di Indonesia bersama dengan Filipina dan Malaysia diperkirakan naik tajam beberapa tahun mendatang.
Hal tersebut berkontribusi untuk meningkatkan pendapatan rata-rata negara,” tulis World Economic Forum dalam laman resminya, Rabu (22/7/2020). Berapa hari yang lalu
Adapun dalam daftar tersebut, China akan naik ke posisi teratas negara ekonomi terbesar dunia, menggeser Amerika Serikat (AS) yang telah jadi nomor 1 sejak lama.
Ini lantaran China telah masuk ke dalam pertumbuhan pasar global sepanjang abad 21.
Sementara posisi kedua akan ditempati Amerika Serikat, lalu India di urutan ketiga. Jepang dengan ekonomi mapannya kemudian menyusul di peringkat keempat.
“Pertumbuhan cepat di Asia juga akan mendatangkan masalah-masalah baru.
Seperti kesenjangan percepatan pertumbuhan antara kawasan perkotaan dan pedesaan, degradasi lingkungan, serta tantangan baru untuk pemerintah dan institusi,” tutur World Economic Forum.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==