Kategori

9 Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

By On Agustus 10, 2020


Telur merupakan salah satu makanan yang kaya nutrisi dan mudah didapat. Telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya putih telur, kuning telur juga memiliki beragam manfaat.

Kuning telur mengandung protein, mineral dan berbagai vitamin. Kuning telur memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga menjaga kesehatan rambut.

Untuk mengetahui lebih jelas, Merdeka.com telah merangkum manfaat kuning telur untuk kesehatan dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.


Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kuning telur yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem imun yang kuat dapat mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Kandungan protein yang tinggi dalam kuning telur sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein diperlukan tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh, menunjang tumbuh kembang anak serta meningkatkan kekebalan tubuh.


Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat kuning telur yang kedua yaitu baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Salah satu sumber vitamin D berasal dari kuning telur. Kandungan vitamin D dalam kuning memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya baik untuk tulang dan gigi.

Untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, cobalah untuk mengonsumsi kuning telur. Selain baik untuk tulang dan gigi, kuning telur jyga baik untuk otot dan membantu  penyerapan kalsium.


Mengurangi Risiko Cacat Saraf pada Janin

Manfaat kuning telur untuk kesehatan yang ketiga yaitu mengurangi risiko cacat saraf pada janin. Kuning telur memiliki kandungan kolin dan folat yang cukup tinggi.

Kolin dan folat sangat penting dalam mengurangi risiko cacat saraf pada janin. Selain itu, kolin dan folat juga dipercaya dapat mengurangi kekambuhan sakit asma.


Mencegah Penyakit Mata

Manfaat kuning telur untuk kesehatan yang keempat yaitu mencegah penyakit mata. Kuning telur memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin dalam jumlah besar.

Kandungan lutein dan zeaxanthin tersebut membantu mencegah penyakit mata seperti katarak hingga gangguan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, konsumsilah kuning telur untuk mencegah penyakit mata.


Menjaga Kesehatan Sistem Jantung dan Mencegah Batu Ginjal

Manfaat kuning telur untuk kesehatan yang kelima yaitu dapat menjaga kesehatan sistem jantung. Kuning telur diketahui dapat mengendalikan tekanan darah agar tetap normal.

Selain itu, kuning telur juga diketahui dapat melindungi kandung kemih dan mencegah batu ginjal. Perlu diketahui, batu ginjal adalah salah satu penyakit di mana terjadi pembentukan materi keras seperti batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal.


Mencegah Pembekuan Darah

Manfaat kuning telur untuk kesehatan yang keenam yaitu dapat mencegah pembekuan darah. Kandungan protein yang tinggi dalam kuning telur memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat mencegah pembekuan darah.

Seseorang yang merokok, menggunakan pil KB dan memiliki gaya hidup yang kurang sehat berpotensi mengalami pembekuan darah. Oleh sebab itu, konsumsilah kuning telur serta lakukan pola hidup sehat untuk mencegah pembekuan darah.


Baik untuk Kesehatan Rambut

Manfaat kuning telur untuk kesehatan berikutnya yaitu baik untuk kesehatan rambut. Salah satu perawatan rambut yang efektif yaitu menggunakan masker kuning telur.

Menggunakan masker kuning telur dapat menguatkan rambut, mengurangi kerontokan serta melembapkan rambut yang kering.

Cara mengaplikasikan kuning telur untuk masker rambut cukup mudah. Anda hanya perlu memijat kuning telur yang telah dikocok pada kulit kepala. Pijat selama beberapa menit lalu bilas dengan air dan shampo.


Mengingkatkan Kolestrol Baik

Beberapa orang menganggap kolesterol selalu jahat. Padahal, ada pula kolesterol baik. Kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) salah satunya bersumber dari telur.

Seseorang yang memiliki kolesterol baik (HDL) dapat mengurangi risiko terkena beberapa penyakit seperti stroke, jantung dan penyakit lainnya. Untuk itu, konsumsilah telur untuk mendapat kosterol baik yang memiliki banyak manfaat.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==