Kategori

Lakukan Amalan ini, Niscaya Dosamu Berguguran Bak Daun Berjatuhan dari Ranting Kering

By On November 12, 2020

 

Amalan agar dosa berguguran - Image from kalam.sindonews.com

Masyaallah, begitu ringan menghapuskan dosa-dosa kita 

Tak perlu risau dan khawatir atas kesalahan di masa lalu yang banyak kita lakukan. Alangkah lebih baiknya untuk fokus bertaubat dan memperbanyak amalan shaleh supaya dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Berikut amalan yang perlu kamu lakukan.

Salman Al-Farisi adalah salah satu tokoh Islam yang menawarkan ide untuk membuat parit dalam Perang Khandaq. Ia lahir di Isfahan dan tumbuh dewasa dalam lingkungan keluarga bangsawan yang hidup berkecukupan. 

Sebelum memeluk agama Islam, ia pernah mengembara ke Damaskus, Al-Quds, Mosul, Nashibain, dan Asia Kecil, sebelum akhirnya terdampar di Yatsrib dan menjadi budak seorang Yahudi Banu Quraizhah.

Salman Al-Farisi pernah diangkat oleh Umar bin Khattab sebagai Gubernur Mada’in (Ctesiphon) dan wafat pada masa pemerintahan `Utsman bin Affan.Suatu ketika, Abu ‘Utsman, sahabat Rasulullah SAW berjalan bersama Salman Al-Farisi.

Salman Menggoyangkan Ranting Kering 

Saat mereka berada di bawah sebuah pohon, tiba-tiba Abu ‘Utsman melihat sahabatnya itu mengambil sebatang ranting kering. Kemudian menggoyangkan ranting-ranting tersebut. 

Daun-daunnya pun jatuh berguguran dengan mudahnya. Melihat tindakan Salman Al-Farisi terlihat aneh tersebut, Abu ‘Utsman diam saja.

Bahkan ia tak memberikan satupun pertanyaan kepada Salman yang bersikap aneh tersebut. 

Melihat hal itu, sejenak kemudian Salman Al-Farisi berkata kepada temannya tersebut, “Abu ‘Utsman, mengapa engkau tak bertanya kepadaku, mengapa aku berbuat seperti ini?”

“Sebenarnya aku ingin bertanya, tetapi sudah keburu engkau tanya. Mengapa engkau berbuat seperti itu?” jawab Abu ‘Utsman.

Rasulullah Pernah Lakukan Hal Sama

"Begini pulalah yang pernah dilakukan Rasulullah SAW,” kata Salman seraya mengingat kenangan hidupnya bersama dengan Rasulullah SAW. 

“Yaitu ketika, pada musim dingin, aku pergi bersama beliau. Kemudian, ketika kami beristirahat di bawah sebuah pohon, tiba-tiba beliau mengambil sebatang ranting kering. Beliau kemudian menggoyang-goyangkan ranting itu sehingga daun-daunnya berguguran. Melihat hal itu, aku diam saja seperti engkau tadi.

Melihat hal itu, beliau pun mengajukan pertanyaan sebagaimana yang kuajukan kepadamu tadi. Ketika aku bertanya mengapa beliau melakukan hal itu, beliau menjawab,

‘Sesungguhnya, jika seorang Muslim berwudhu secara sempurna, kemudian melaksanakan shalat lima waktu, tentu dosa-dosanya berguguran bagai daun-daun yang berguguran ini.” 

Itulah sebuah perumpamaan yang menunjukkan begitu mudahnya Allah SWT menghapus dan memberikan ampunan atas dosa-dosa yang kita lakukan, asalkan kita mau untuk beriman dan melaksanakan sholat lima waktu dan berwudhu dengan baik. 

Semoga kita adalah golongan orang-orang yang beriman kepada Allah SWT dan istiqomah menjalankan perintah-Nya.


sumber : wajibbaca.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==