Kategori

Kebiasan yang Tanpa Sadar Jadi Penyebab Gangguan Pendengaran

By On Maret 03, 2021


 

Telinga adalah alat indera yang berfungsi untuk mendengar. Lewat pendengaran, kita dapat menerima informasi dan berinteraksi dengan orang lain. 

Pendengaran juga merupakan salah satu modal agar anak dapat tumbuh berkembang secara baik.

Jika mengalami gangguan pendengaran, maka anak akan sulit menerima informasi bahkan belajar untuk berbicara. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan telinga.

Namun menurut dr Fatia Permata Sari, Sp. THTKL, kadang tanpa sadar, kita melakukan tindakan yang justru menganggu kesehatan telinga.

Padahal tindakan itu tidak dianjurkan oleh dokter. Karena selain membuat iritasi, dapat juga membuat telinga mengalami infeksi. 

Pertama yaitu mengorek telinga menggunakan benda apa pun. dr Fatia mewanti-wanti untuk tidak membersihkan telinga sendiri bahkan menggunakan cotton bud.

Hal ini dikarenakan membersihkan telinga tanpa anjuran dokter dapat menyebabkan iritasi hingga gangguan saluran telinga. Selain itu, kotoran dapat juga malah terdorong masuk kedalam telinga. Sehingga telinga bagian dalam menumpuk dan justru mengganggu pendengaran.

dr Fatia mengungkapkan telinga sebetulnya bisa membersihkan diri sendiri. Produksi kotoran yang ada di dalam telinga akan berjalan perlahan-lahan keluar.

Namun, kadang ada pula tipe telinga yang kotorannya cepat menumpuk dan gampang mengeras.

"Kalau sudah begitu disarankan untuk membersihkan telinga secara berkala, 6 bulan sekali mungkin. Yang penting jangan dikorek sendiri," ungkapnya acara Talkshow yang diadakan di akun Instagram Radio Kesehatan Kemenkes, Selasa (2/3/2021).

Kedua, dr Fatia menyarankan untuk berhati-hati meminjamkan headset. Setiap orang memiliki kondisi telinga yang berbeda-beda. 

Bisa saja telinga seseorang mengandung kuman dan dapat menularkannya pada orang lain. Jika pemilik headset mempunyai jamur pada telinganya, bukan tidak mungkin yang dipinjamkan akan ikut tertular.

"Sebaiknya kalau mau meminjam dibersihkan terlebih dahulu. Karena permukaan kulit telinga kan terbuka. Kumannya tentunya bisa masuk," ungkapnya.



sumber : tribunnews.com


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==