Kategori

Waspada Terima Kiriman Paket, Bisa Berisiko Tertular Covid-19!

By On Maret 07, 2021


Satgas Covid-19 memberikan peringatan pada masyarakat 

Jangan lupa terapkan protokol kesehatan untuk tamu yang berkunjung ke rumah serta orang rumah yang beraktivitas di luar rumah. Hal ini demi meminimalisir potensi penularan Covid-19. 

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengungkapkan bahwa menerima kiriman paket bisa berisiko terjadi penularan Covid-19. 

Dia menjelaskan, kemungkinan tertular Covid-19 karena kiriman paket bisa saja terjadi jika masyarakat tidak berhati-hati dan pihak penjual tidak menerapkan protokol kesehatan. 

"Ini diindikasikan juga misalnya menerima paket atau pesanan secara online yang tidak memenuhi protokol kesehatan atau tidak berhati-hati juga bisa menjadi risiko penularan," ujar Sonny dalam talkshow di akun YouTube BNPB Indonesia, pada Senin (18/1/2021).

Selain harus berhati-hati dalam menerima kiriman paket, ujar Sonny, ada baiknya semua keluarga harus memahami protokol kesehatan sebelum masuk ke dalam rumah. 

Hal tersebut penting dilakukan guna mengurangi risiko penularan Covid-19 dari klaster keluarga yang saat ini jadi klaster tertinggi di Indonesia, termasuk DKI Jakarta. 

"Jadi bukan hanya kepatuhan terhadap protokol kesehatan (saat di luar rumah) tetapi mereka juga harus bisa bersikap bagaimana mereka pulang dari luar," kata Sonny. 

Saat ini, ujarya, ada dua jalur penularan klaster keluarga yang pertama disebabkan oleh orang dari luar keluarga yang berkunjung ke rumah. 

Kedua adalah orang yang berada di rumah lalu beraktivitas di luar rumah dan kembali ke rumah dengan kondisi telah terpapar virus Covid-19. 

Dia juga menjelaskan Satgas Covid-19 saat ini berusaha untuk menutup dua jalur tersebut. 

"Jalur inilah kita coba tutup dengan edukasi yang lebih lengkap lagi, jadi apa yang harus dilakukan oleh masyarakat, oleh keluarga," ujar Sonny. 

Sony juga menjelaskan bahwa masyarakat perlu diedukasi kebiasaan baru bagaimana cara bertamu dan menerima tamu di masa pandemi. 

Begitu juga cara pulang ke rumah dengan kebiasaan baru yakni dengan mematuhi kebiasaan mencuci tangan dan membersihkan diri. 

"Bagaimana mereka menerima tamu, berhati-hati menerima paket yang dititipkan dari luar," tutur Sonny.

Oleh sebab itu, bagi yang belum menerapkan protokol kesehatan terhadap tamu, paket atau keluarga yang dari luar rumah, mulai saat ini perlu menyosialisasikan dan menerapkan aturan tersebut. 

Berikut langkah yang aman saat terima paket di masa pandemi Covid-19: 

  1. Minta kurir menaruh paket di depan pintu rumah
  2. Gunakan sarung tangan 
  3. Buka paket saat di luar rumah
  4. Buang sampah pembungkus paket di tempat aman 
  5. Semprot barang dengan cairan disinfektan 
  6. Hindari paket dari anak-anak dan lansia
  7. Cuci tangan dan cuci sarung tangan yang telah digunakan

Itulah aturan kesehatan yang perlu diterapkan saat menerima paket di masa pandemi Covid-19. Pastikan setiap anggota keluarga mematuhi peraturan tersebut ya. 



sumber : wajibbaca.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==