Kategori

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kesehatan Tahnik Pada Bayi Baru Lahir, Apa Itu Tahnik?

By On Juli 08, 2021


 

Dokter Zaidul Akbar membahas manfaat kesehatan tahnik pada bayi, dan cara melakukan tahnik pada bayi baru lahir.


Tahnik adalah salah satu sunah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW kepada bayi baru lahir. Prosesnya dilakukan dengan cara sang ayah mengunyah buah kurma hingga lembut, lalu setelahnya sedikit dari kunyahan itu diletakkan di langit-langit mulut bayi.


Menurut dokter Zaidul Akbar, tindakan yang dilakukan rasulullah terhadap anak para sahabat rasul sangatlah baik untuk kesehatan, dan membuat anak tersebut mendapatkan prebiotik dari metode tahnik.


"Makanan prebiotik dan kurma adalah salah satu prebiotik yang paling baik, karena diberikan di langit mulut atau lidah bayi karena itu lebih cepat diserap oleh bayinya, dan masuk ke dalam tubuhnya," ujarnya dalam kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, dikutip suara.com, Jumat (9/7/2021).

dr. Zaidul Akbar mengatakan jika prebiotik adalah zat baik dan penting bagi bakteri baik atau probiotik. Prebiotik seumpama makanan bagi bakteri baik, sehingga kinerjanya jadi lebih maksimal di tubuh baik.


Ia juga mengatakan, saat bayi melewati jalan lahir dari rahim atau vagina ibunya lewat persalinan normal, maka ia mendapatkan bakteri baik dan membuat sistem kekebalan tubuh bayi jadi lebih baik.


Sehingga metode tahnik bayi, membuat bayi mendapatkan nutrisi pelengkap setelah beberapa hari dilahirkan melalui jalan lahir atau lahir normal lewat vagina sang ibu.


"Nanti lewat tahnik ini, bayi akan merasakan ada glukosa yang ternyata itu sangat baik dalam meningkatkan kecerdasan bayi. Ada teman saya meneliti tentang tahnik, itu luar biasa manfaatnya," imbuh dr. Zaidul Akbar.


Proses tahnik bisa dilakukan ayah bayi, setelah beberapa hari lahir. Buah kurma dikunyah hingga teksturnya jadi sangat lembut lalu diletakkan di langit-langit mulut, biarkan secara perlahan bayi menghisapnya.


"Atau mungkin kalau bapaknya tidak percaya diri, bawa ke orang ulama, kyai yang diyakini baik minta tahnik sama dia, mentahnik bayi itu sambil didoakan," pungkas dr. Zaidul Akbar


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==