Kategori

Kaum Wanita Wajib Baca..Tahukah Anda Ternyata Tidak Semua Mukena Bisa Dipakai Shalat, Cek Mukena Anda Sekarang!! SEBARKAN

By On Agustus 04, 2016

Medianda – Sahabat media Sholat adalah amalan yang pertama di hisap saat di akhirat kelak, khususnya bagi kaum wanita sholat memerlukan perlengkapan sholat yakni mukena, namun dizaman seperti sekarang ini banyak bermunculan bermacam-macam model mukena serta warna dan corak pun banyak sekali macamnya. Tetapi tahukah anda bahwa tidak semua mukena bisa dipakai untuk sholat terutama ketika anda sholat berjamaah dimasjid.



Mukena dengan warna-warni cantik berkilau dan berbagai macam motif seperti bunga, polkadot, dan lain sebagainya tersebut dapat mengundang perhatian orang lain. Nabi Muhammad SAW mengingatkan kita untuk menghindari pakaian yang dapat mengundang perhatian orang lain. Beliau bersaba“Siapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memberinya pakaian hina pada hari kiamat.” (Ahmad, Abu Daud, Nasai dalam Sunan Al-Kubro, dan dihasankan Al-Arnauth). “Maksud hadist, seseorang tidak boleh memakai pakaian yang sangat bagus dan indah, sampai mengundang perhatian banyak orang. Atau memakai pakaian yang sangat jelek –lusuh-, sampai mengundang perhatian banyak orang. Yang pertama, sebabnya karena berlebihan sementara yang kedua karena menunjukkan sikap terlalu pelit. Yang terbaik adalah pertengahan.” (al-Mabsuth, 30:268)

Terdapat  penjelasan lagi mengenai makruhnya menggunakan mukena yang terdapat gambar atau motif padanya.

"Dimakruhkan sholat memakai pakaian/mukena yang terdapat gambar." (Nihayatuzzain hlm 48)

"Diantara kemakruhan shalat ialah shalat yang di hadapannya terdapat sesuatu yang bisa menjadi pusat perhatiannya seperti gambar hewan atau lainnya. Namun bila gambar-gambar tersebut tidak menarik perhatian maka tidaklah makruh. Ini adalah pendapat dari madzhab Malikiyah dan Syafi'iyah." (Al Fiqh ala Madzahi al Arba'ah juz 1 hal 252)

Itulah sahabat penjelasn mengenai bahwa tidak semua bisa digunakan untuk sholat, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah ilmu agama, serta mempertebal iman anda semua. Silahkan dibagikan agar makin banyak orang yang tahu. Indahnya saling berbagi ilmu yang bermanfaat, karena kebaikannya akan terus berlipat dan pahalanya akan terus mengalir sampai kita meninggal kelak.Semoga bermanfaat. Aamiin




Sumber:Tausiah-pedia

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==