Kategori

Kebiasaan “Mengompres Kaki Keseleo dengan Es” Ternyata Salah Besar! Dokter Mengatakan Justru “Makin Lama Makin Parah”!! Ini Penjelasannya

By On Mei 13, 2017

Medianda – Sahabat medianda Apabila kamu suka berolahraga, maka keseleo bukan lagi menjadi hal yang aneh, apalagi kalau kamu tidak cukup pemanasan. Hal kecil ini bisa berakibat fatal apalagi bagi para atlet olahraga. Sedangkan selama ini yang kita tahu, jika keseleo, kita biasanya akan langsung dikompres dengan es selama 48 jam baru dikompres air hangat. Selain itu, kaki yang keseleo kalau bisa jangan terlalu dipakai bekerja berat. Namun menurut dokter, cara ini bukannya membuat semakin cepat pulih, malah akan memperlambat lho!



Di dalam postingannya, dokter ini memperingati semua orang jika kaki tidak boleh dikompres es lebih dari 6 jam. Awalnya dia mengira orang-orang sudah tahu teori ini, ternyata semua orang justru kaget!

Sahabat medianda dokter Yo menerangkan, tahun 1978 lalu seorang dokter bernama Gabe Mirkin menemukan cara pemulihan dari keseleo yaitu RICE (Rest-istirahat, Ice-dikompres es, Compression-tekanan dan Elevation-diangkat tinggi) namun sampai tahun 2014 diubah menjadi (kompresan es dan istirahat total justru malah membuat parah), sampai tahun ini baru ada cara baru untuk mengobati kaki yang keseleo.

Dalam cara baru ini dijelaskan, setelah keseleo 6 jam pertama, kaki boleh diangkat dan dikompres oleh es untuk mengurangi rasa sakit, ini juga bisa berpengaruh baik bagi peredaran darah. Namun setelah itu, harus segera dikompres air hangat, supaya bengkaknya bisa membaik. Kalau terus dikompres es, maka akan membuat keadaan kaki yang keseleo makin buruk.

Sahabat medianda selain itu, di cara baru ini dijelaskan jika kaki harus mulai digunakan supaya mempercepat penyembuhan dan terbiasa lagi untuk digerakan. Kalau terus beristirahat justru malah semakin buruk.

Nah, sekarang sahabat medianda sudah bisa kan!

Ternyata selama ini kita masih punya persepsi yang salah yah, yuk dibenarkan supaya saat keseleo, kakinya cepat sembuh!

Semoga bermanfaat.



sumber : bomb

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==