Kategori

6 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh Salah Satunya

By On Agustus 23, 2020

 

Pepaya merupakan salah satu buah yang populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan enak membuat buah ini begitu digemari masyarakat Indonesia.


Pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan kesehatan pencernaan, kaya nutrisi, mencegah peradangan, meningkatkan kesehatan jantung hingga mencegah kanker.


Selain buah, bagian lain seperti daun pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.


Mencegah Jantung Koroner


Manfaat daun pepaya yang pertama yaitu dapat mencegah jantung koroner. Untuk mencegah jantung koroner, tubuh membutuhkan banyak vitamin C.


Hal ini karena antioksidan dapat membantu melancarkan peredaran darah. Manfaat ini tentu akan dirasakan jika mengonsumsi daun pepaya secara cukup.


Penambah Nafsu Makan



Sejak dulu, daun pepaya dikenal memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan. Jika Anda memiliki anak yang sedang susah makan, maka membuat ramuan dari daun pepaya dapat dijadikan pilihan.


Caranya pun cukup mudah. Anda hanya tinggal menumbuk beberapa daun pepaya, kemudian saring dan ambil airnya. Air dari daun pepaya ini dapat membantu mengembalikan nafsu makan.


Melancarkan ASI bagi Ibu Menyusui


Salah satu masalah yang dialami oleh ibu menyusui yaitu kurang lancarnya ASI. Padahal, ASI sangat penting bagi tumbuh kembang buah hati.


Apabila mengalami masalah tersebut, Anda dapat mengonsumsi daun pepaya untuk melancarkan ASI. Caranya pun cukup mudah.


Anda hanya tinggal mengambil 5 lembar daun pepaya, kemudian letakkan di atas api. Biarkan hingga layu. Setelah layu, tempelkan pada bagian payudara, kecuali pada bagian puting. Lakukan saat daun pepaya masih hangat.


Mengatasi Nyeri Haid


Wanita pada umumnya akan mengalami haid atau menstruasi. Tak sedikit wanita yang merasa nyeri saat sedang haid.


Beberapa upaya pun dilakukan agar nyeri haid dapat hilang. Mulai dari mengonsumsi obat hingga meminum jamu atau ramuan.


Meski demikian, mengonsumsi bahan alami seperti rebusan daun pepaya patut Anda coba. Daun pepaya dikenal memiliki khasiat untuk mengatasi nyeri haid.


Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa daun pepaya dengan tambahan asam jawa dan garam. Minum air rebusan tersebut untuk mengatasi nyeri haid.



Mengontrol Tekanan Darah


Manfaat daun pepaya berikutnya yaitu dapat mengontrol tekanan darah. Untuk mendapat manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi daun pepaya dengan cara direbus.


Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya lalu rebus dengan setengah liter air. Kemudian didihkan dan biarkan air menguap sampai tinggal 3/4. Setelah air dingin, segera minum.


Jika merasa terlalu pahit, Anda juga dapat menambahkan madu atau gula merah.


Memperkuat Daya Tahan Tubuh


Daun pepaya juga memiliki manfaat lain yaitu dapat memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini karena kandungan phytonutrien dalam daun pepaya.


Kandungan phytonutrien yang tinggi dalam daun pepaya dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, penuaan, kanker alergi dan infeksi perut. (Merdeka)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==