Kategori

Waspadalah..!!! Inilah Gejala Kanker Limfoma Yang Paling Sering Tidak Dipedulikan

By On September 09, 2016

Medianda – Sahabat media Limfoma adalah kanker yang muncul dalam sistem limfatik yang menghubungkan noda limfa atau kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Sistem limfatik termasuk bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.



Sel-sel darah putih limfosit dalam sistem limfatik akan membantu pembentukan antibodi tubuh untuk memerangi infeksi. Tetapi jika sel-sel limfosit B dalam sistem limfatik diserang kanker, sistem kekebalan tubuh penderita akan menurun sehingga rentan mengalami infeksi.

Kanker limfoma, atau biasa yang dikenal dengan sebutan kanker kelenjar getah bening, ialah sejenis kanker yang tumbuh akibat mutasi atau terjadinya perubahan sel darah putih yang sebelumnya normal menjadi ganas. Sel ganas ini dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sum-sum tulang, darah, maupun organ lainnya.

Menurut data Globalcom tahun 2012, limfoma adalah merupakan salah satu dari sepuluh penyakit kanker terbanyak di dunia. Untuk itu, kita harus selalu waspada terhadap penyakit mematikan ini dengan melakukan gaya hidup sehat.

Anda pun dapat mendeteksi sejak dini penyakit kanker seperti demam, penurunan berat badan, hilang selera makan, mudah lelah, sesak nafas, batuk, gatal-gatal di seluruh tubuh, pembesaran amandel, serta sakit kepala.

"Bila Anda kurus tiba-tiba, ada benjelon pada organ tubuh seperti di leher yang tidak bisa digerakkan, tidak sakit, keras, sangat menempel di kulit, dan bengkak. Dan, jika Anda sakit gigi tidak sembuh walau sudah menggunakan anti-biotik, tahi lalat memerah. Itu adalah beberapa gejala kanker yang patut Anda curigai," jelas Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PDl-KHOM, Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia dan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dr. Aru menambahkan, seseorang yang membiasakan makan sayur dan buah 3 sampai 4 kali sehari dapat mengurangi 30 persen terkena kanker. Dan, yang terpenting aktivitas fisik seperti aerobik harus selalu diterapkan setiap hari.


"90 persen kanker dikarenakan oleh lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi pewarna makanan, perokok aktif atau pasif. Bahkan, faktor keturunan hanya 5% bisa terjangkit kanker. Stres bukanlah pemicu kanker berkembang," kata dr.Aru.

Sahabat itulah penjelasan Dr. Aru mengenai penyakit kanker limfoma. Semoga bermanfaat.




Sumber:Feed.id


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==